Trump Perpanjang Izin Kerja Sama Beberapa Perusahaan AS dengan Huawei

Desy Setyowati
11 Maret 2020, 16:37
Trump Perpanjang Izin Kerja Sama Beberapa Perusahaan AS dengan Huawei
123RF.com
Ilustrasi Huawei

Beberapa perusahaan AS mendapatkan lisensi untuk bekerja sama dengan Huawei, meskipun raksasa teknologi Tiongkok itu masuk daftar hitam (blacklist) perdagangan. Bahkan, Presiden AS Donald Trump memperpanjang izin tersebut.

Perusahaan yang sudah mendapat lisensi bisa melanjutkan kerja samanya dengan Huawei hingga 15 Mei nanti. Perpanjangan ini merupakan yang kelima kalinya.

Advertisement

Terakhir, Departemen Perdagangan AS memperpanjang lisensi sementara hingga 1 April. Salah satu korporasi yang diizinkan bekerja sama dengan Huawei yaitu Microsoft.

Lisensi diberikan karena Huawei masuk daftar hitam terkait perdagangan AS sejak tahun lalu. Departemen Perdagangan AS memberikan lisensi itu guna meminimalkan gangguan layanan bagi masyarakatnya.

Sebab, Huawei bekerja sama dengan beberapa operator AS menyediakan jaringan nirkabel di perdesaan. (Baca: Google Minta Izin AS untuk Rujuk dengan Huawei)

Departemen Perdagangan AS pun mengkaji dampak dari sanksi pemerintah AS terhadap Huawei. Lalu, berapa besar kerugian yang ditanggung perusahaan maupun konsumen jika tidak lagi bekerja sama dengan Huawei.

Google juga tengah mengajukan lisensi ke pemerintah AS, supaya bisa bekerja sama dengan Huawei. Dikutip dari TechRadar, Wakil Presiden Google Play dan Android Sameer Samat mengungkapkan kabar tersebut kepada media Jerman, Deutsche Presse-Agentur. Namun, ia tidak memerinci kapan keputusan itu diambil.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement