Microsoft Kembali Dapat Izin Jual Perangkat Lunak ke Huawei

Cindy Mutia Annur
26 November 2019, 08:56
Perusahaan as microsoft kembali dapat izin untuk menjual software ke huawei
marketingland.com
Ilustrasi Microsoft.

Perusahaan asal Amerika Serikat (AS), Microsoft mengaku kembali mendapat izin menjual perangkat lunaknya (software) ke Huawei. Padahal, perusahaan teknologi asal Tiongkok itu masuk dalam daftar hitam (blacklist) terkait perdagangan.

"Departemen Perdagangan AS telah memberikan Microsoft lisensi untuk mengekspor perangkat lunak pasar (secara) massal ke Huawei," kata Juru Bicara Microsoft kepada Bloomberg beberapa waktu lalu (22/11). Perusahaan mengatakan, izin itu didapat pada 20 November lalu.

Namun, perusahaan tidak menjelaskan maksud dari ‘pasar massal’. Hanya saja, Microsoft menjual beragam perangkat lunak ke Huawei, termasuk Windows dan Office.

(Baca: Laba Huawei Naik Meski Kena Sanksi AS, Samsung dan Apple Justru Turun)

Pekan ini, Departemen Perdagangan AS dikabarkan mulai memberikan lisensi kepada beberapa perusahaan yang memasok perangkat teknologi ke Huawei. "Kami mendapat 290-an permintaan untuk lisensi spesifik," kata Sekretaris Perdagangan Wilbur Ross dalam wawancara dengan Fox Business Network beberapa waktu lalu (19/11).

Ross mengatakan, lembaganya tengah mengirimkan surat penolakan dan surat persetujuan kepada perusahaan-perusahaan yang mengajukan izin menjual perangkat ke Huawei.

Google termasuk yang belum menerima lisensi untuk bertransaksi dengan  Huawei. Karena itu, aplikasi Google seperti Chrome, Gmail dan lainnya tidak tersedia di ponsel Android produksi Huawei.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...