Facebook Buat Fitur Cek Fakta dan Blokir Hoaks Virus Corona

Cindy Mutia Annur
12 Maret 2020, 19:41
Facebook Buat Fitur Cek Fakta dan Blokir Hoaks Virus Corona
123RF.com
Ilustrasi, Facebook

Raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS), Facebook menyiapkan tiga strategi untuk meminimalkan penyebaran hoaks virus corona. Dua di antaranya membuat fitur cek fakta dan memblokir konten yang memuat kabar bohong.

Perusahaan bekerja sama dengan pihak ketiga seperti media lokal untuk mengecek fakta. "Mereka menandai (konten) yang misinformasi dan yang muncul mengenai covid-19,” kata Public Policy Lead Facebook Indonesia Ruben Hattari di sela-sela acara kerja sama Facebook dan Alita di Jakarta, Kamis (12/3).

Konten terkait virus corona yang terbukti hoaks maka distribusinya akan diturunkan hingga 80%. Dengan begitu, sulit bagi pengguna menemukan konten tersebut.

(Baca: Hoaks Corona Capai 196, Kominfo Dorong Twitter hingga Facebook Blokir)

Kalaupun pengguna menemukan hoaks tersebut, konten sudah ditandai. Dengan demikian, masyarakat bisa mengetahui unggahan mana saja yang merupakan kabar bohong.

Strategi kedua, perusahaan bakal menghapus konten bermuatan hoaks virus corona. "Karena kami melihat bahwa konten misinformasi itu melanggar standar komunitas, maka tentu akan kami hapus (konten tersebut)," ujar dia. 

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...