Hoaks Corona Capai 196, Kominfo Dorong Twitter hingga Facebook Blokir

Cindy Mutia Annur
12 Maret 2020, 13:45
Hoaks Corona Capai 196, Kominfo Dorong Twitter hingga Facebook Blokir
Kominfo
Ilustrasi, konten virus corona yang distempel hoaks oleh Kominfo beredar pada Mei 2019.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mencatat ada 196 hoaks terkait virus corona hingga pagi hari ini (12/3). Kementerian pun meminta perusahaan media sosial seperti Twitter dan Facebook memblokir konten hoaks terkait pandemi corona.

Selain itu, ada disinformasi, yakni kantor Nokia di Menara Mulia disterilisasi karena salah satu karyawannya meninggal akibat virus corona. “Per hari ini sudah 196 hoaks,” kata Menteri Kominfo Johnny Plate usai menghadiri acara kerja sama Facebook dan Alita di Jakarta, Kamis (12/3).

Advertisement

Ada dua strategi Kominfo untuk meminimalkan penyebaran virus corona di Indonesia. Pertama, mendorong pengembang media sosial seperti Twitter, Google, dan Facebook menangguhkan konten hoaks terkait covid-19.

(Baca: WeWork dan Nokia Bantah Karyawannya di RI Terduga Virus Corona)

“Mereka sudah takedown, tetapi jumlahnya bertambah terus. Kami minta lebih cepat memblokir konten tersebut, supaya jangan sampai semakin menyebar,” kata Johnny.

Langkah kedua, yakni penegakan hukum. “Kami ada kerja sama dengan kepolisian. Khusus terkait virus corona, kami sudah kirim surat ke Polri,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement