Kunjungan ke Aplikasi Alodokter & Halodoc Naik 600% Efek Virus Corona

Fahmi Ahmad Burhan
12 Maret 2020, 11:56
Kunjungan ke Aplikasi Alodokter dan Halodoc Naik 600% Efek Virus Corona
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Ilustrasi, penumpang kereta menggunakan masker saat memasuki Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (9/3/2020).

Startup kesehatan, Alodokter mencatat kunjungan ke halaman informasi utama pada platform mencapai 2 juta sejak virus corona mewabah. Pencarian tentang covid-19 di platform Halodoc juga meningkat 600%.

Medical marketing manager Alodokter Abi Noya mengatakan, perusahaan merilis banyak artikel yang bisa diakses lewat mesin pencari Google Search. “Beberapa di antaranya tentang virus corona, yang berhasil menduduki halaman utama pencarian Google sejak rilis pertama,” katanya dikutip dari Kr.Asia, kemarin (11/3).

Advertisement

Startup yang mendapat investasi dari Softbank itu juga mencatat ada peningkatan unduhan aplikasi dan interaksi pengguna melalui platform. Pengguna memang bisa berinteraksi dengan dokter melalui aplikasi Alodokter.

(Baca: Virus Corona Masuk Indonesia, Transaksi Halodoc Naik Dua Kali Lipat)

Selain artikel, Alodokter menyebarkan informasi terkait cobvid-19 dalam bentuk video pendek yang diunggah di TikTok. Konten yang ditayangkan berupa tutorial cara mencuci tangan dengan benar dan etika batuk ataupun bersin.

Video pendek Alodokter tentang mencuci tangan telah ditonton 3,2 juta kali per 10 Maret. "Video tutorial singkat di TikTok itu upaya kami menyebarkan informasi kesehatan dengan cara yang mudah dan menghibur," kata Noya. 

(Baca: Atasi Video Prank dan Hoaks Virus Corona, WHO Buat Akun TikTok)

Sedangkan Vice President Marketing Communications Halodoc Felicia Kawilarang mengatakan, pencarian dengan kata kunci virus corona meningkat 600% sejak virus ini mewabah. Pasca-pengumuman dua warga Depok terinfeksi virus corona, transaksi di platform Halodoc pun melonjak dua kali lipat.

Startup di sektor kesehatan itu mencatat, konsumen paling banyak mencari obat herbal untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan vitamin. Halodoc memastikan stok vitamin, hand sanitizer, dan masker kesehatan aman, serta menjamin harganya lebih murah dibanding pasaran.

Kepada Katadata.co.id, Halodoc mengaku sudah menggaet 1.800 apotek. (Baca: Waspada Virus Corona, Bisakah Ukur Suhu Tubuh Pakai Aplikasi?)

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement