WHO Umumkan Pandemi Global Corona, Harga Minyak Jatuh Lagi 3%

Image title
12 Maret 2020, 09:08
Harga Minyak Tergelincir 3% Setelah WHO Umumkan Pandemi Corona .
KATADATA
Kilang Minyak. Harga minyak mentah dunia kembali tertekan pada perdagangan Kamis (12/3) sebesar 3%.

Harga minyak mentah dunia kembali tertekan pada perdagangan Kamis (12/3) waktu Indonesia. Penurunan terjadi setelah pernyataan virus corona sebagai pandemi global oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) serta wacana peningakatan produksi minyak Arab Saudi sebagai imbas perang harga dengan Rusia. 

Mengutip laman Bloomberg, Kamis (12/3) pukul 08.42 WIB harga minyak Brent untuk kontrak Mei 2020 turun  3,55% ke level US$ 34,52 per barel. Sedangkan harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak April 2020 turun 3,85% ke level US$ 31,71 per barel.

Advertisement

Selain itu, aset berisiko anjlok sepanjang hari serta mempercepat kerugian setelah jumlah kasus penyebaran virus corona semakin meningkat dan beberapa negara mulai membatasi perjalanan.

"Apa yang menyebabkan penurunan harga minyak pada menit-menit terakhir sebelum penutupan pasar adalah ketika pasar saham membuat posisi terendah baru. Adapun berita tentang coronavirus tampaknya tidak menginspirasi harapan permintaan saat ini," kata Phil Flynn, analis di Price Futures Group di Chicago dikutip Reuters. 

(Baca: Harga Minyak Rendah, Pelaku Industri Migas Minta Insentif Fiskal)

Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan Energy Information Administration (EIA) memangkas perkiraan permintaan minyak lantaran wabah virus corona yang terus berkembang. Selain itu mereka juga melihat potensi permintaan terkontraksi pada kuartal ini.

Arab Saudi dan Uni Emirat Arab mengumumkan rencana  peningkatan kapasitas produksi setelah setelah perundingan dengan Rusia serta produsen minyak utama lainnya terkait kesepakatan pembatasan pasokan gagal tercapai.

Kementerian energi Saudi telah mengarahkan Aramco untuk meningkatkan kapasitas produksinya menjadi 13 juta dari 12 juta barel per hari (bph).

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement