Trump Negatif Corona, AS Tambah Larangan Perjalanan Inggris & Irlandia

Happy Fajrian
15 Maret 2020, 09:38
donald trump, negatif corona, covid 19, amerika serikat
ANTARA FOTO/REUTERS/Tom Brenner/aww/cf
Presiden Amerika Serikat Donald Trump berfoto bersama dengan Presiden Brazil Jair Bolsonaro sebelum menghadiri acara makan mala di resor Mar-a-Lago di Palm Beach, Florida, Amerika Serikat, Sabtu (7/3/2020).

Dokter Gedung Putih menyatakan bahwa Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump negatif virus corona atau Covid-19 setelah melakukan tes pada Jumat (13/3).

Trump memutuskan untuk melakukan tes tersebut pada Sabtu (14/3) setelah sebelumnya melakukan makan malam bersama Presiden Brazil Jair Bolsonaro dan sekretaris pers untuk Presiden Brazil yang dinyatakan positif Covid-19. Bolsonaro pun telah melakukan tes dan hasilnya negatif.

Media setempat sempat menyebut Trump egois lantaran tidak segera melakukan tes atau mengisolasi dirinya setelah makan malam tersebut. Namun Trump menyatakan, “Saya tidak pernah bilang tidak akan melakukan tes”, dikutip CNBC International, Minggu (15/3).

“Setelah berdiskusi secara mendalam dengan Presiden terkait tes Covid-19, dia memutuskan untuk melakukannya. (Sabtu) malam ini, saya menerima laporan bahwa hasilnya negatif,” jelas tim dokter Gedung Putih.

(Baca: Cemas Pandemi Covid-19, Trump Batasi Masuknya Pelancong dari Eropa)

Tim dokter gedung putih juga menyebutkan bahwa mereka senantiasa berkoordinasi dengan Center fro Desease Control (CDC) dan Satuan Kerja Virus Corona Gedung Putih terkait upaya mitigasi penyebaran dan paparan Covid-19.

Selain itu Wakil Presiden AS Mike Pence juga menyatakan akan melakukan tes Covid-19 . “Saya dan istri saya akan melakukan tes. Saya akan segera berbicara dengan tim dokter Gedung Putih,” ujarnya.

Seiring dengan jumlah kasus yang terus bertambah di AS, Gedung Putih pun melakukan pengukuran suhu tubuh terhadap semua orang yang akan berinteraksi dengan Trump dan Pence. Ini termasuk kepada awak media yang menghadiri konferensi pers di Gedung Putih.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...