IHSG Anjlok Hingga 3,99% Terseret Kebijakan The Fed Pangkas Bunga

Image title
16 Maret 2020, 11:05
The Fed, IHSG, IHSG melemah, nilai tukar
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Ilustrasi. IHSG pada perdagangan pagi ini melemah hingga sempat menyentuh level 4.711.

Indeks harga saham gabungan pada perdagangan pertama pekan ini, Senin (16/3) dibuka di zona merah. IHSG bahkan sempat turun hingga 3,99% di level 4.711, meski hingga perdagangan pukul 10.00 WIB sedikit membaik dengan hanya turun 2,95% di 4.762.

Penurunan indeks sejalan dengan prediksi Direktur Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus dalam risetnya hari ini. Salah satu penyebabnya, Bank Sentral Amerika Serikat, The Federal Reserve mengambil langkah esktrim dengan memangkas suku bunga acuan mendekati nol pada Minggu (15/3) waktu setempat.

Advertisement

The Fed memangkas Fed fund rate menjadi di antara target 0% hingga 0,25%. Bank Sentral AS sebelumnya telah memangkas bunga acuannya itu sebesar 0,5% menjadi 1% hingga 1,25% pada awal bulan ini. Pemotongan suku bunga ini lebih cepat dari dugaan awal ini dirancang untuk mencegah kredit macet dan gangguan pasar keuangan.

(Baca: The Fed Pangkas Bunga, Harga Minyak Anjlok Hampir Mendekati US$ 30)

Dengan adanya penurunan itu, diharapkan dapat menjaga lapangan kerja dan stabilitas harga. Namun, sayangnya bursa berjangka AS, Dow Jones Industrial Futures justru turun lebih dari 900 poin dan S&P 500 Futures turun lebih dari 4%.

Menurut Nico, para pelaku pasar dan investor cenderung ingin melihat dan mengamati virus corona mencapai puncaknya dan pada akhirnya selesai.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement