Proyek Jambaran Tiung Biru Capai 53%, Target Produksi Tetap Juli 2021

Image title
16 Maret 2020, 19:27
lapangan gas jambaran tiung biru, pertamina ep cepu, virus corona
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Pekerja beraktivitas di area Proyek Pengembangan Lapangan Gas Unitisasi Jambaran-Tiung Biru (JTB) usai prosesi Tajak Sumur di Desa Bandungrejo, Bojonegoro, Jawa Timur, Rabu (9/10/2019).

Pertamina EP Cepu (PEPC) mengungkapkan bahwa perkembangan pembangunan proyek Lapangan Gas Jambaran Tiung Biru (JTB) masih sesuai target. Perusahaan pun optimistis proyek tersebut akan selesai pada pertengahan 2021 mendatang.

"Untuk progress masih on the track. Plan 53,83%, actual-nya 53,17%," ujar Direktur Utama Pertamina EP Cepu Jamsaton Nababan kepada Katadata.co.id, Senin (16/3).

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa saat ini untuk pengadaan long lead item berupa alat pengeboran untuk proyek ini juga masih berlangsung. Perusahaan juga telah mempersiapkan pemetaan masalah dalam mengantisipasi wabah virus corona.

"Kami sudah melakukan mitigasi risiko atas isu corona. Target onstream tetap sesuai jadwal semula yaitu juli 2021," ujar Jamsaton.

(Baca: Pertamina Mulai Pengeboran Dua Sumur Baru Proyek JTB Tahun Depan)

Dia juga mengungkapkan bahwa saat ini  pihaknya sedang merampungkan pengeboran sumur ketiga di Jambaran East. Adapun sebanyak dua sumur di Jambaran East telah rampung dikerjakan. "April direncanakan akan pindah ke wellpad central untuk mengebor dua sumur lagi," kata dia.

Sebelumnya Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto mendesak percepatan penyelesaian proyek JTB.

Pasalnya, berdasarkan inspeksi di lokasi dan pengawasan oleh SKK Migas, proyek JTB membutuhkan akselerasi pekerjaan termasuk pengaturan sumber daya agar keterlambatan dan potensi hambatan di masa mendatang dapat ditangani.

"Semua pihak yang terkait proyek JTB harus bekerja lebih keras lagi. Pihak PEPC dan REKIN sebagai kontraktor pelaksana proyek harus melakukan perbaikan untuk menjaga proyek JTB direalisasi onstream pada Juli 2021," kata Dwi akhir pekan lalu melalui keterangan tertulis.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...