Pertamina Mulai Tajak Sumur di Proyek Jambaran Tiung Biru

Image title
10 Oktober 2019, 15:55
Pertamina, Jambaran Tiung Biru
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Pekerja beraktivitas di area Proyek Pengembangan Lapangan Gas Unitisasi Jambaran-Tiung Biru (JTB) usai prosesi Tajak Sumur di Desa Bandungrejo, Bojonegoro, Jawa Timur, Rabu (9/10/2019). Proyek Jambaran-Tiung Biru (JTB) yang dikelola oleh PT PEPC merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang telah ditetapkan oleh Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP).

Pertamina EP Cepu (PEPC) akhirnya memulai prosesi tajak sumur atau spud in Proyek Pengembangan Lapangan Gas Unitisasi Jambaran–Tiung Biru (JTB) di Bojonegoro. Proyek JTB yang dikelola oleh PEPC merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang telah ditetapkan oleh Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP).

Kegiatan tajak sumur tersebut merupakan awal dari rangkaian kegiatan operasi pengeboran. “Tajak Sumur ini merupakan capaian kami berikutnya dalam mengawal PSN,” Ujar Dharmawan H. Samsu dalam keterangan tertulis pada Kamis (10/10).

Direktur Utama PEPC Jamsaton Nababan mengatakan kegiatan operasi pengeboran ini telah dimulai sejak September 2019. PEPC menggandeng Pertamina Drilling Services Indonesia untuk kegiatan pengeboran tersebut.

Jamsaton menambahkan pekerjaan pengeboran dimulai dari tapak sumur Jambaran East yang meliputi tiga sumur pengeboran baru, yaitu Sumur JAM-3, JAM-5 dan JAM-8. Kemudian dilanjutkan pengeboran dua sumur lainnya yang terletak di tapak sumur Jambaran Central, yaitu Sumur JAM-6 dan JAM-7.

“Pekerjaan lainnya adalah mengerjakan re-entry satu sumur eksisting, yaitu sumur JAM-4 ST dengan melakukan completion dengan rangkaian pipa produksi yang tahan gas H2S.” ujar Jamsaton.

(Baca: Pertamina Targetkan Pengeboran di Jambaran Tiung Biru Beres Pada 2020)

Secara keseluruhan, pengembangan proyek JTB bakal terdiri dari beberapa pekerjaan, seperti pengembangan empat sumur di Jambaran East, dua sumur di Jambaran Central, dan pengerjaan pipa pengumpul sepanjang 6,6 km.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...