Pertemuan OPEC+ Batal, Perang Harga Minyak Arab Saudi-Rusia Berlanjut

Image title
17 Maret 2020, 13:22
OPEC, harga minyak
ANTARA FOTO/REUTERS/Ben Job
Ilustrasi, pertemuan Organisasi negara Pengekspor Minyak. OPEC dan sekutunya yang dikenal sebagai OPEC+ membatalkan pertemuan yang dijadwalkan berlangsung pada Rabu (18/3). Padahal pertemuan itu untuk membahas upaya meningkatkan harga minyak dengan cara menambah pemangkasan produksi pada tahun ini.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan negara sekutunya atau dikenal sebagai OPEC+ membatalkan pertemuan yang seharusnya berlangsung pada Rabu (18/3) di Wina. Padahal, pertemuan itu merupakan upaya menengahi kesepakatan antara Arab Saudi dan Rusia agar harga minyak terdongkrak.

Pasalnya, kedua negara produsen utama minyak tersebut tak sepakat menambah pemangkasan produksi. "Sudah dibatalkan," kata salah satu sumber seperti dikutip dari Reuters, Selasa (17/3).

Advertisement

Rusia menolak mendukung upaya penambahan pemangkasan produksi untuk mengatasi berkurangnya permintaan minyak akibat virus corona. Negara OPEC seperti Arab Saudi pun langsung merespon dengan menghilangkan semua batasan produksi minyak.

Di sisi lain, anggota OPEC lainnya berupaya untuk menjembatani persoalan antara Saudi dan Rusia. Meski demikian, upaya tersebut tidak membuahkan hasil sebab kedua pihak sangat sulit mencapai kompromi saat ini.

(Baca: Saudi Aramco Bakal Genjot Produksi Minyak Hingga 12,3 Juta Barel/Hari)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement