Bulog Jual Gula Impor Rp 10.500 Per Kg Dua Pekan Lagi

Rizky Alika
18 Maret 2020, 16:33
gula, impor, bulog
ANTARA FOTO/Febri Angga Palguna/ZK/aww.
Pedagang gula pasir di salah satu pasar tradsional di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (12/3/2020). Bulog mengatakan impor 50 ribu ton gula kristal akan tiba dua pekan lagi.

Perum Bulog mengatakan impor gula kristal putih atau konsumsi sebanyak 50 ribu ton akan masuk dua pekan lagi. Usai tiba, gula tersebut akan disalurkan ke pasar dengan harga Rp 10.500 per kilogram.

Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Tri Wahyudi Saleh mengatakan penjualan tersebut di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET) sebesar Rp 12.500 per kg. Mereka berharap masuknya gula impor dapat menurunkan harga gula yang saat ini di atas Rp 16.000 per kg.

Advertisement

Bulog bisa menjual dengan harga rendah lantaran Bulog tidak mempertimbangkan keuntungan. “Kami akan mengguyur ke semua wilayah," kata dia di Pasar Kramat Jati, Jakarta, Rabu (18/3).

(Baca: Stok Terus Menipis, Harga Gula di Konsumen Capai Rp 17.000 per Kg)

Tri mengatakan impor akan datang dari India atau Thailand. Sedangkan penetapan harga jual telah disepakati oleh pemerintah dalam rapat koordinasi di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian beberapa waktu lalu.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement