Stok Terus Menipis, Harga Gula di Konsumen Capai Rp 17.000 per Kg

Image title
12 Maret 2020, 10:16
Pasokan Menipis, Harga Gula di Konsumen Capai Rp 17.000 per Kg.
ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Warga mengantri membeli gula pasir dalam pasar murah gula pasir RMI dengan harga Rp11.500 perkKg di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (22/1/2020). Pasar murah ini bertujuan untuk menekan harga gula pasir di pasaran.

Harga gula pasir terus melambung hingga mencapai Rp 17.000 per kilogram di tingkat konsumen. Hal ini disebabkan oleh menipisnya pasokan gula di tingkat pedagang atau distributor. 

Berdasarkan pantauan katadata.co.id di Pasar Palmerah, Jakarta Barat, harga gula di tingkat pedagang besar atau agen mencapai Rp 15.000 per kilogram. 

(Baca: Pemerintah Percepat Impor Gula, Bawang Putih, dan Daging Kerbau)

Trimo (51) satu pedagang besar di pasar tersebut menjelaskan, pasokan gula kemasan mulai terbatas. Pedagang bahkan hanya dijatah satu karton dalam sepekan. Bahkan dalam tiga minggu terakhir, pengiriman gula kemasan tak pernah datang.

"Sekarang yang langka gula kemasan. Memang lebih murah yang kemasan tapi malah langka, saya juga tidak tahu itu," kata dia, Rabu (11/3).

Akibat kelangkaan gula pasir kemasan, stok gula pasir yang dijualnya dalam karung selalu habis dengan cepat. Biasanya Trimo mampu menjual lima ton gula dalam dua minggu yang dibanderol harga per karungnya seharga Rp 750 ribu.

Sementara salah seorang pedagang sembako yang ditemui Katadata menyatakan menjual gula kepada konsumen Rp 17.000 per kg. 

(Baca: Harga Pangan Naik Imbas Corona, Pemerintah akan Hadapi Kondisi Darurat)

Salah satu pengecer yang ditemui, Endang (47) menjelaskan harga gula sudah naik, sebab barang yang dia peroleh dari pedagang atau distributor besar pun harganya sudah naik. "Gula sudah naik Rp 17.000 per kilogram," kata dia.

Tak hanya di tingkat pedagang pasar, kondisi serupa juga terjadi di tingkat retail modern. Kelangkaan pasokan, ditambah harganya yang masih sesuai harga eceran tertinggi (HET) Rp 12.500 per kilogram membuat masyarakat berbondong-bondong membeli gula.

Kendati demikian, harga gula kemasan yang dijual di tingkat retail modern tidak ada kenaikan dari harga normal. "Sekarang stoknya habis karena laku sekali. Pembeli dibatasi maksimal dua kilogram," ujar Dani (23) salah satu karyawan Indomaret.

Berdasarkan pantauan situs Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, harga gula rata-rata secara nasional saat ini mencapai Rp 17.400 per kilogram. Angka ini meningkat drastis dibanding ketentuan harga eceran yang dipatok Rp 12.500 per kg.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...