Imbas Work from Home, Trafik Internet Telkomsel hingga XL Melonjak

Cindy Mutia Annur
Oleh Cindy Mutia Annur - Fahmi Ahmad Burhan
19 Maret 2020, 12:34
Imbas Work from Home, Trafik Internet Telkomsel hingga XL Melonjak
instagram/@smindrawati
Menteri Keuangan Sri Mulyani menggunakan aplikasi conference call saat menerapkan kerja dari rumah alias work from home.

Pemerintah mengimbau perusahaan menerapkan kerja dari rumah alias Work from Home guna menekan penyebaran virus corona. Kebijakan itu membuat trafik internet Telkomsel hingga XL Axiata melonjak.

Telkomsel mencatat, trafik komunikasi payload untuk layanan berbasis data dan digital alias internet naik 5% dibanding periode sebelum pengumuman kuota gratis. Khusus untuk belajar online saja, trafik datanya melonjak 236%. 

Sebagaimana diketahui, Telkomsel bekerja sama dengan beberapa startup pendidikan seperti Ruangguru untuk menyediakan kuota internet gratis 30 Gigabyte (GB). Hal ini guna mendukung pelajar belajar dari rumah.

Trafik data untuk aplikasi percakapan juga naik 19%, gim online  13% dan layanan digital berbasis cloud storage atau penunjang sistem aplikasi meningkat 10,4%. Trafik payload lainnya seperti layanan content provider, digital advertising, video streaming, dan meramban (browsing) masing-masing naik 8,2%, 7,5%, 7,3%, dan 5,2%.

(Baca: 1 Juta Konsumen Ruangguru Pakai Kuota Gratis, Trafik Telkomsel Meroket)

Pengguna di Jawa Barat menyumbang kenaikan trafik payload terbesar, kontribusinya 7,9% terhadap total peningkatan. Kontribusi daerah lainnya yakni Jawa Tengah (6,9%), Jawa Timur (5%), Sumatera Bagian Tengah (4,7%), dan Sumatera Bagian Selatan (4.2%).

“Telkomsel akan terus memantau pergerakan trafik layanan telekomunikasi,” kata Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin dalam siaran pers, Kamis (19/3).

Perusahaan telah melakukan beberapa upaya untuk mengamankan trafik jaringan. Di antaranya menyiapkan kapasitas tambahan, serta memaksimalkan fungsi seluruh spektrum besar yakni frekuensi 900, 1800, 2100, dan 2300 Mhz.

Hal serupa dirasakan oleh 3 Indonesia. Berdasarkan pantauan perusahaan, trafik data pada Senin (16/3) naik 15-20% dibanding hari yang sama pekan sebelumnya. Sedangkan trafik telepon meningkat 5-10%.

(Baca: Pengguna Gim Online Melonjak hingga ‘Down’ Imbas Pandemi Corona)

Aplikasi yang menyumbang peningkatan trafik internet yakni WhatsApp, YouTube, Facebook, dan gim Mobile Legend. “WhatsApp bisa digunakan untuk conference call dan video call oleh mereka yang bekerja dari rumah,” kata Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia M Buldansyah kepada Katadata.co.id.

Rerata penggunaan data untuk video call selama 30-60 menit. Penggunaan data untuk aplikasi conference call Google Hangouts 3 MB, Zoom 90 MB, dan Webex 750 MB.

Perusahaan juga menyediakan paket Unlimited AlwaysOn termasuk untuk semua aplikasi, termasuk Edmodo, ruangguru, dan zenius yang berlaku pada Pukul 01.00-17.00 WIB.

Deputy CEO Commercial Smartfren Djoko Tata Ibrahim juga menyebutkan bahwa trafik data meningkat 10%. “Terutama untuk YouTube dan gim,” kata dia kepada Katadata.co.id. Jumlah pelanggan baru juga bertambah 500 ribu sejak pertengahan Februari.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...