Alat Kesehatan Tangani Corona dari Tiongkok Tiba di Jakarta Besok

Ameidyo Daud Nasution
22 Maret 2020, 16:54
virus corona, alat kesehatan, tiongkok
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/ama.
Petugas medis memindahkan pasien ke ruang isolasi saat simulasi Penanganan Pasien Corona di Rumah Sakit Lavalette, Malang, Jawa Timur, Jumat (13/3/2020). Alat kesehatan yang diambil TNI dari Tiongkok akan tiba di Jakarta hari Senin (23/3).

Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal (TNI) Hadi Tjahjanto mengatakan alat kesehatan untuk menangani virus corona Covid-19 akan tiba di Jakarta hari Senin (23/3). Alkes seberat 9 ton itu dibawa dari Shanghai, Tiongkok menggunakan pesawat C-130B Hercules milik TNI Angkatan Udara.

Alkes tersebut terdiri dari masker sekali pakai, masker N95, pakaian pelindung tubuh, kacamata pelindung, sarung tangan karet, penutup sepatu, pemindai suhu infra merah, dan penutup kepala untuk operasi.

Advertisement

"Besok pagi, akan mendarat di (Pangkalan Udara) Halim Perdanakusuma pukul 09.30 WIB,” kata Hadi di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3).

(Baca: Kasus Positif Corona di RI Naik jadi 514 Orang, 48 Meninggal Dunia)

Pesawat tersebut sudah lepas landas dari Shanghai hari Sabtu (21/3) malam dan pagi tadi telah tiba di Pangkalan Udara TNI AU Rd Sadjad, Natuna untuk transit. Setelah mendarat di Jakarta, alkes akan diserahkan oleh TNI kepada Wakil Menteri Pertahanan Wahyu Sakti Trenggono.

Sedangkan juru bicara nasional penanganan virus corona Achmad Yurianto mengatakan salah satu muatan pesawat tersebut adalah 150 ribu alat tes. Usai diterima, peralatan tersebut akan disebar ke seluruh penjuru Tanah Air.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement