Pertamina Sebar Bantuan dari Jakarta hingga Papua untuk Cegah Corona

Penulis: Ratna Iskana

24/3/2020, 14.58 WIB

Pertamina fokus menyalurkan bantuan ke wilayah-wilayah yang rawan penyebaran virus corona. Bantuan berupa alat kesehatan, disinfektan hingga makanan.

pertamina, virus corona, jakarta, papua
Pertamina
Pertamina memberikan bantuan dari Jakarta hingga Papua berupa alat kesehatan, disinfektan hingga makanan siap santap untuk mencegah penyebaran virus corona.

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Pertamina terus memperluas penyaluran bantuan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Bantuan tidak hanya difokuskan di Jakarta, tetapi hingga ke Papua yang masuk wilayah yang terkena virus corona.

Vice President Corporate Communnication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan bantuan yang diberikan meliputi masker, Alat Pelindung Diri (APD), hand sanitizer, cairan disinfektan, sembako, serta makanan siap
santap.

“Dengan meluasnya masyarakat yang terdampak penyebaran virus Cocid-19, Pertamina memperluas bantuan melalui unit operasi di seluruh Indonesia, utamanya wilayah yang terkena virus,” ujar Fajriyah dalam siaran pers pada Selasa (24/3).

Untuk wilayah Jakarta, lanjut Fajriyah, bantuan yang telah disalurkan sejak 5-23 Maret 2020 meliputi masker sebanyak 23.200 buah, ADP sebanyak 515 set, Gown 10 buah, serta mengedukasi cara menjaga pola hidup dan menangkal virus corona.

Bantuan diberikan melalui sembilan Puskesmas dan 49 posyandu di Jakarta Utara, Rumah Sakit BUMN, Rumah Sakit Sulianti Saroso, Kantor Walikota Jakarta Utara, serta SPBU Coco Yos Sudarso, Sunter, Jakarta Utara. “Pertamina juga memberikan bantuan makanan siap santap berupa rendang sapi sebanyak 685 kaleng yang diberikan kepada para buruh pelabuhan, buruh warung dan pedagang kaki lima sekitar sekolah,” kata dia.

(Baca: Satu Pekerja Pertamina di Balikpapan Terinfeksi Virus Corona)

Perusahaan pelat merah itu juga memberikan bantuan masker sebanyak 500 buah, hand sanitizer 60 botol, sabun cuci tangan 60 botol dan sarung tangan latex 500 buah kepada Puskesmas yang berada di Ring 1 DPPU Hang Ngadim, Batam, Kepulauan Riau.

Khusus di Palembang, BUMN tersebut menyalurkan bantuan 31 Paket Sembako dan 100 paket sehat berupa vitamin, masker dan hand sanitizer bagi pelanggan SPBU. Sedangkan di Semarang, Pertamina menyemprotkan disinfektan di 31 titik dan dan lima titik di Yogyakarta.

Selain itu, perusahaan migas tersebut juga memberikan bantuan sembako, sabun, susu, dan vitamin sebanyak
3.000 paket di Cilacap. Adapun di Papua, Pertamina memberikan bantuan cairan pembersih tubuh dan ruangan sebanyak 200 paket yang disalurkan melalui Puskemas di Jayapura.

“Pertamina juga sedang menyiapkan bantuan untuk alih fungsi Rumah Sakit Pertamina Jaya menjadi Rumah Sakit Penanganan COVID-19. Pertamina akan terus menyalurkan bantuan baik untuk tenaga medis yang sedang melawan virus corona maupun masyarakat yang terdampak agar sama-sama terhindar dari penyebaran virus,” kata Fajriyah.

(Baca: Dukung Bekerja dari Rumah, Pertamina Beri Layanan Antar BBM dan Elpiji)

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan