India Berlakukan Lockdown Selama Tiga Minggu Imbas Corona

Image title
25 Maret 2020, 12:27
Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Perdana Menteri India Narendra Modi, sebelum pertemuan bilateral disela KTT ke-35 ASEAN di Bangkok, Thailand, Minggu (3/11/2019). Perdana Menteri India, Narendra Modi mengumumkan kebijakan lockdown selam
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Perdana Menteri India Narendra Modi, sebelum pertemuan bilateral disela KTT ke-35 ASEAN di Bangkok, Thailand, Minggu (3/11/2019). Perdana Menteri India, Narendra Modi mengumumkan kebijakan lockdown selama tiga minggu untuk seluruh wilayah India.

Pemerintah India memutuskan untuk melakukan karantina wilayah atau lockdown selama 21 hari, untuk mencegah penyebaran virus corona.

Kebijakan lockdown negara berpenduduk 1,3 miliar ini diambil setelah peneliti-peneliti kesehatan memperingatkan, bahwa lebih dari satu juta orang di India dapat terinfeksi dengan virus corona pada pertengahan Mei 2020. Sebelumnya, India telah menutup semua perjalanan udara dan kereta api, bisnis dan sekolah.

Dilansir dari Reuters, Selasa (24/3), Perdana Menteri India Narendra Modi mengumumkan, bahwa tidak ada seorang pun yang akan diizinkan meninggalkan rumah selama tiga minggu ke depan, mulai Selasa tengah malam, hingga tiga minggu ke depan.

"Satu-satunya cara untuk menyelamatkan diri dari virus korona adalah jika kita tidak meninggalkan rumah kita, apa pun yang terjadi, kita tinggal di rumah," kata Modi, dilansir dari Reuters.

Melalui kebijakan lockdown, seluruh jalur penghubung kabupaten, kota dan desa di India akan ditutup. Modi pun mengingatkan, apabila tindakan tegas, seperti lockdown, tidak diambil maka kondisi India akan mundur beberapa dekade.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...