East Ventures Himpun Rp 10 M untuk Produksi 100 Ribu Alat Uji Covid-19

Desy Setyowati
27 Maret 2020, 14:57
East Ventures Himpun Rp 10 Miliar untuk Produksi 100 Ribu Alat Uji Covid-19
east ventures
Startup Nusantics mengembangkan alat uji (test kit) covid-19.

Perusahaan modal ventura East Ventures menggalang dana Rp 10 miliar untuk mendukung startup di bidang teknologi genomika, Nusantics mengembangkan 100 ribu alat uji (test kit) covid-19. Sebanyak Rp 1 miliar di antaranya akan digunakan untuk proyek whole genome sequencing.

Nusantics menjadi anggota Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan covid-19 (TFRIC19) yang dibentuk oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Selama tiga pekan ke depan, Nusantics mengembangkan test kit real-time Polymerase Chain Reaction (qPCR).

Alat itu akan didesain spesifik untuk populasi Indonesia, berdasarkan hasil riset tentang Covid-19 dari seluruh dunia. Nusantics dan anggota TFRIC19 lainnya akan membuat 100 set alat uji qPCR sebagai prototipe, lalu memproduksi massal hingga 100 ribu.

(Baca: East Ventures Investasi di Startup Riset Mikrobioma, Nusantics)

Mengetahui salah satu startup yang didanainya berpartisipasi menangani pandemi corona, East Ventures meluncurkan program Indonesia Pasti Bisa. Melalui platform ini, perusahaan mengerahkan seluruh ekosistemnya untuk mendukung upaya Nusantics.

“Ini pertama kalinya kami memimpin pendanaan non-profit,” kata Co-founder dan Managing Partner East Ventures Willson Cuaca dalam siaran pers, Jumat (27/3).

Selain memproduksi alat uji, Nusantics melaksanakan proyek whole genome sequencing untuk memetakan mutasi virus penyebab Covid-19. Pemetaan genomika berbagai varian virus ini penting, karena materi genetik cenderung bermutasi secara cepat ke beragam bentuk sesuai wilayah penyebarannya. 

(Baca: Tak Perlu ke RS, Cek & Konsultasi Gratis soal Corona Lewat 5 Aplikasi)

Hasil dari pemetaan genomika virus akan digunakan untuk penelitian dan pengembangan vaksin. Selain itu, data tersebut bisa dimanfaatkan untuk memvalidasi test kit hasil pengembangan Nusantics dan lainnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...