TaniHub dan HappyFresh Banjir Pesanan Imbas Pandemi Virus Corona

Fahmi Ahmad Burhan
27 Maret 2020, 16:55
ecommerce, virus corona, bahan pokok, happyfresh, tanihub, tukangsayur.co
ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah/NZ.
Ilustrasi, pedagang sayuran menunggu pembeli di Pasar Masomba, Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (24/3/2020). Transaksi melalui e-commerce seperti Tanihub, HappyFresh, dan Tukangsayur.co mengalami lonjakan sejak pandemi virus corona melanda Indonesia. Rata-rata transaksi berupa pembelian bahan pokok dan tanaman herbal.

Layanan e-commerce  TaniHub, HappyFresh, dan Tukangsayur.co mencatat lonjakan transaksi selama pandemi virus corona. Mayoritas barang yang dipesan masyarakat berupa bahan pokok dan tanaman herbal.

Vice President of Corporate Services TaniHub Astri Purnamasari mengatakan pandemi corona membuat penjualan buah, sayur, dan hasil tani mengalami peningkatan tajam. Dalam beberapa hari ini, TaniHub mencatat ada 20 ribu pengguna baru dalam aplikasinya.

"Mengingat ini merupakan kebutuhan dasar masyarakat," kata Astri kepada Katadata.co.id, Jumat (27/3). 

Menurut dia, masyarakat mengikuti protokol kesehatan untuk berdiam diri di rumah untuk menghindari infeksi Covid-19. Selain itu, masyarakat juga diminta menjaga jarak sosial (physical distancing) selama pandemi corona.

Hal itu mendorong masyarakat membeli barang segar (perishable) di e-commerce seperti Tanihub. Selain barang segara, perusahan itu mencatat, produk tanaman herbal untuk meningkatkan kekebalan tubuh juga mengalami lonjakan tajam sekitar 20%.

Di sisi lain, pandemi corona tak mempengaruhi layanan TaniHub. "Kami meniadakan same day delivery untuk sementara waktu," kata Astri.

Hal itu dilakukan untuk mengurangi adanya interaksi langsung antara orang per orang. Selain itu, ada juga pilihan untuk mengambil barang pesanan tanpa kontak langsung.

(Baca: TaniHub Targetkan Ekspor Langsung Produk Petani Lokal Tahun Depan)

HappyFresh juga mengalami lonjakan transaksi sejak pemerintah mengimbau masyarakat beraktivitas di rumah. "Selama beberapa hari ini jumlah pesanan yang kami terima memang meningkat pesat," ujar Managing Director HappyFresh Indonesia Filippo Candrini kepada Katadata.co.id pada Selasa (24/3).

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...