Pemprov Jakarta Lakukan 17.534 Rapid Test, 282 Orang Positif Corona

Image title
31 Maret 2020, 19:26
rapid test, dki jakarta, virus corona, covid 19
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah melakukan uji cepat atau rapid test massal terhadap 17.534 orang di lima wilayah kotamadya termasuk Kepulauan Seribu. Dari rapid test tersebut sebanyak 282 orang dinyatakan positif terinfeksi dan telah ditindaklanjuti dengan test swab PCR.

Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat (Askesra) Provinsi DKI Jakarta, Catur Laswanto menjelaskan jumlah tersebut telah ditangani oleh tenaga medis sesuai dengan protokol kesehatan. Selain itu, jumlah temuan kasus positif corona di ibu kota angkanya terus bertambah.

"Orang yang dinyatakan positif akan ditindaklanjuti dengan test swab PCR sehingga dengan demikian hasilnya sesuai dengan yang diatur dalam prokol kesehatan," kata dia saat menggelar konferensi pers di Balaikota Jakarta, Selasa (31/3).

(Baca: Sebut Rapid Test Tak Efektif, Eijkman Sarankan Pemerintah Gunakan PCR)

Dia menjelaskan, hingga saat ini di Jakarta jumlah orang yang positif Covid-19 mencapai 741 orang. Sebanyak 451 masih dalam perawatan, sedangkan yang menjalani isolasi mandiri sebanyak 157 orang.

Dari 741 orang tersebut, 49 pasien telah dinyatakan sembuh dan 94 orang meninggal, sedangkan yang masih menunggu hasil tes masih 640 orang. Kendati demikian, jumlah tenaga medis yang positif terinfeksi virus corona jumlahnya tak bertambah. "Untuk tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19 sebanyak 81 orang yang tersebar di 30 rumah sakit," kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...