Fintech UangTeman Sulit Raup Untung Tahun Ini karena Pandemi Corona

Fahmi Ahmad Burhan
1 April 2020, 13:33
Fintech UangTeman Sulit Raup Untung Tahun Ini karena Pandemi Corona
Uang Teman
Ilustrasi, layanan fintech lending UangTeman

Startup teknologi finansial pembiayaan (fintech lending) UangTeman menargetkan bisa meraup untung tahun ini, setelah mendapat pendanaan seri B US$ 10 juta atau Rp 137,6 miliar bulan lalu. Namun, target itu sulit tercapai karena pandemi corona.

"Untung itu target kami, tetapi ketika diterapkan dalam kondisi normal, ekonomi yang masih bagus, dan tidak ada pelemahan," kata CEO UangTeman Aidil Zulkifli saat video conference, Rabu (1/4).

Namun, yang terjadi saat ini, kasus virus corona di Tanah Air terus bertambah. Pemerintah memperkirakan ekonomi berpotensi tidak tumbuh atau 0% dan bahkan terkontraksi.

(Baca: Dapat Pendanaan Rp 137,6 M, Fintech UangTeman Target Untung di 2020)

Hal itu berpengaruh terhadap rencana bisnis perusahaan, termasuk target untung. "Saat ini targetnya, kami protect bisnis, jaga pertumbuhan dengan baik, dan cashflow kuat," ujar Aidil. 

Selain itu, pandemi corona membuat risiko penyaluran kredit meningkat. Sejak covid-19 merebak di Tiongkok, perusahaan sudah bersiap dengan memperketat pengajuan pinjaman.

Hingga bulan lalu, tingkat keberhasilan pengembalian pinjaman (TKB) 90 hari UangTeman berada pada level 95,7%. (Baca: Asosiasi Fintech Klaim Kredit Seret Tak Naik di Tengah Pandemi Corona)

Bukan hanya berpengaruh terhadap kualitas pinjaman, pandemi berdampak terhadap minat investasi. Kabar baiknya, UangTeman belum mencatat adanya penurunan nilai investasi yang diberikan oleh pemberi pinjaman (lender).

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...