Dapat Pendanaan Rp 137,6 M, Fintech UangTeman Target Untung di 2020

Fahmi Ahmad Burhan
21 Februari 2020, 14:06
Dapat Pendanaan Rp 137,6 Miliar, Fintech UangTeman Target Untung di 2020
Uang Teman
Ilustrasi UangTeman

Startup teknologi finansial pembiayaan (fintech lending) UangTeman menutup pendanaan seri B US$ 10 juta atau Rp 137,6 miliar. Dengan tambahan modal itu, perusahaan berfokus mengejar keuntungan tahun ini.

Pendanaan itu dipimpin oleh investor yang beroperasi di Silicon Valley, Amerika Serikat (AS), Pegasus Tech dan Spiral Ventures Jepang. Perusahaan rintisan itu bakal berfokus meningkatkan kinerja keuangan dan meraup untung.

Advertisement

Perusahaan menggalang pendanaan seri B sejak  Agustus tahun lalu. Saat itu, UangTeman berencana mengakuisisi perusahaan sejenis. Modal ventura asal AS, Draper Associates, bersama dengan KDDI Open Innovation Fund dan Global Brain Jepang sudah berinvestasi terlebih dulu.

Untuk bisa meraup untung, UangTeman berfokus menyalurkan pinjamansecara strategis. Hal ini bertujuan mendorong laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi alias EBITDA positif pada akhir tahun ini.

(Baca: Dapat Pendanaan Rp 143 Miliar, UangTeman Berencana Akuisisi Fintech)

Perusahaan juga telah mempekerjakan eksekutif senior untuk meningkatkan kinerja keuangan. Pada September 2019, UangTeman menunjuk banker Masa Paskalis Lingga sebagai Deputi CEO. Paskalis berpengalaman 30 tahun di industri keuangan.

“Saya percaya bahwa inti dari kelangsungan hidup setiap usaha, startup atau lainnya, yakni fundamental ekonomi dan keberlanjutan bisnis untuk jangka panjang,” kata CEO UangTeman Aidil Zulkifli dikutip dari Deal Street Asia, Jumat (21/2).

Fintech lending tersebut telah menandatangani perjanjian pembiayaan utang (debt financing) dengan beberapa lembaga keuangan Indonesia dan pemberi pinjaman. UangTeman menargetkan fasilitas pembiayaan itu selesai akhir bulan ini.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement