Trump Sebut Arab Saudi & Rusia Segera Akhiri Perang Harga Minyak

Image title
2 April 2020, 08:02
amerika serikat, arab saudi, rusia, harga minyak
ANTARA FOTO/REUTERS/Jonathan Er
Ilustrasi, Presiden Amerika Serikat Donald Trump berpidato di Ruang Timur Gedung Putih, Washington, Amerika Serikat, Jumat (24/1/2020). Trump berharap Rusia dan Arab Saudi segera mengakhir perang harga minyak.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump berharap Rusia dan Arab Saudi menyepakati produksi minyak dalam beberapa hari ke depan. Dengan begitu, kedua negara dapat mengakhir perang harga minyak.

Trump menyebut industri migas global telah hancur. Sebab, konflik Arab Saudi dan Rusia membuat harga minyak anjlok ke titik terendah dalam 18 tahun.

"Saya pikir mereka akan menyelesaikan itu dalam beberapa hari ke depan. Keduanya tahu mereka harus melakukannya," kata Trump dikutip dari Reuters pada Kamis (2/4).

Trump memang ingin mengembalikan industri minyak sebagaimana seharusnya. Sebab, industri minyak di AS terancam bangkrut.

"Saya pikir saya tahu bagaimana menyelesaikan ini. Kami tidak ingin kehilangan perusahaan minyak besar kami," ujarnya.

Lebih lanjut Trump menyebut perang harga minyak juga bisa  berpengaruh buruk bagi Rusia dan Arab Saudi. Oleh karena itu, dia telah berbicara secara terpisah dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman dan Presiden Rusia Vladimir Putin membahas kejatuhan harga minyak.

(Baca: AS Sepakat Bergabung dengan Arab Saudi & Rusia Bahas Harga Minyak)

Selain itu, Trump juga disebut mengundang pemimpin perusahaan minyak ke Gedung Putih. Beberapa media di AS menyatakan pertemuan itu digelar untuk mencari cara membantu industri minyak yang terpukul akibat pandemi virus corona dan perang harga.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...