Profesor UI: Virus Corona Hilang Saat Kemarau hanya Mitos

Fahmi Ahmad Burhan
3 April 2020, 15:02
Profesor UI sebut Virus Corona Hilang Saat Kemarau Mitos
ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/aww.
Ilustrasi, sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten Kubu Raya mengikuti rapat gugus tugas percepatan penanganan virus COVID-19 yang digelar Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan di halaman Kantor Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat, Kamis (2/4/2020).

Beredar informasi bahwa virus corona akan menghilang di Indonesia setelah memasuki musim kemarau. Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI) Hasbullah Thabrany mengatakan kabar itu merupakan mitos.

Negara tropis seperti Brasil yang suhunya dinilai lebih panas dibanding Indonesia, jumlah kasus positif virus corona-nya tetap tinggi. Berdasarkan data John Hopkins, kasus Covid-19 di Negeri Samba ini mencapai 8.066 per Pukul 14.43 WIB.

"Itu mitos. Tidak ada bukti bahwa suhu udara lebih dari 30 derajat celcius maka virus hilang,” ujar Hasbullah dalam acara Live Q&A Facebook, Jumat (3/4). (Baca: Ilmuwan AS Peringatkan Virus Corona Berpotensi jadi Penyakit Musiman)

Walaupun, saat ini Indonesia mulai memasuki musim hujan dan jumlah kasus virus corona mencapai 1.790 per kemarin. “Janganlah percaya dan membuat kita lengah," kata dia.

Covid-19 merupakan virus baru, karena itu, belum ada bukti empiris bahwa cuaca memengaruhi penyebaran pandemi corona.

Sepengetahuannya, pemerintah dan beberapa peneliti sudah mengkaji pandemi corona dengan berbagai skenario. Berdasarkan kajian itu, virus akan hilang dalam kurun waktu tiga sampai empat bulan setelah kasus pertama.

(Baca: Prediksi 5 Lembaga soal Corona di Indonesia: Paling Cepat Mereda Mei)

Di Tiongkok, penyebaran dimulai akhir Desember dan mulai menurun saat ini. Di Korea pun cenderung berkurang kasusnya.

"Bagaimana di Indonesia? Masalahnya masyarakat sulit disiplin. Beda dengan Korea dan Tiongkok," kata Hasbullah. Alhasil, pandemi corona berpotensi lebih lama di Indonesia.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...