Youtube Kembangkan Shorts, Apakah Mampu Lawan Dominasi TikTok?

Sorta Tobing
3 April 2020, 17:21
youtube kembangkan shorts, pesaing tiktok, tiktok, streaming music, konten video pendek tiktok
Arief Kamaludin | Katadata
Kanal video Youtube sedang mengembangkan aplikasi bernama Shorts yang akan menjadi pesaing baru TikTok.

Kanal video milik Google, Youtube, sedang mengembangkan aplikasi bernama Shorts yang akan menjadi pesaing baru TikTok. Targetnya, aplikasi yang memungkinkan orang mengunggah video singkat melalui telepon genggamnya itu akan diluncurkan pada akhir 2020.

Melansir dari Antara, Shorts akan memanfaatkan musik berlesensi yang dimiliki YouTube Music. Pengguna dapat memakainya untuk diunggah bersama video pendek. TikTok selama ini beroperasi dengan membiarkan pengguna memilih efek, filter, audio atau musik yang telah tersedia.

Langkah Youtube ini menjadi cara untuk menghentikan dominasi TikTok. Platform video pendek buatan perusahaan Tiongkok ini mengalami pertumbuhan lebih dari 125% selama dua tahun terakhir, menurut laporan perusahaan analitik aplikasi App Annie.

Aplikasi Tiktok memiliki ratusan juta pengguna. Pengunduhnya, baik dari Apple App Store dan Google nPlay Store, selama 12 tahun terakhir mencapai 842 juta.

(Baca: Saingi Spotify, Aplikasi Streaming Musik Milik TikTok Rambah Indonesia)

Di saat yang sama dengan rencana ini, Facebook juga sedang mengembangkan aplikasi pesaing TikTok bernama Lasso. Perusahaan yang dipimpin Mark Zuckerberg itu sedang mengujinya secara diam-diam di Brazil, menurut laporan The Information.

Tech Crunch menilai Shorts akan berat menyaingi TikTok. Aplikasi ini sudah mulai lebih dulu dengan berbagai trial and error para penggunanya dalam membuat video. “TikTok punya waktu untuk membangun gudang konten sangat besar untuk menarik inspirasi penggunanya,” tulis situs tersebut.

Pembuat konten diperkirakan akan tidak siap untuk memulai lagi dengan para peniru TikTok. Pesaing langsungnya, seperti Triller dan Dubsmash, masih berlomba membangun arsip mereka. YouTube Shorts hanya punya kesempatan melawan dominasi itu dengan memanfaatkan lima miliar video yang sudah ditonton orang setiap hari.

(Baca: Kalah Viral Dibanding Corona, TikToker AS Jilat Toilet dan Terinfeksi)

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...