Wakil Menteri BUMN Minta Bantuan Ventilator ke CEO Tesla Elon Musk

Cindy Mutia Annur
6 April 2020, 19:13
Wakil Menteri BUMN Minta Bantuan Ventilator ke CEO Tesla Elon Musk
ANTARA FOTO/REUTERS/Benoit Tessier/AWW/dj
Ilustrasi, seorang pasien yang terinfeksi virus corona memakai memakai masker snorkeling Easybreath full-face yang diberikan oleh Decathlon dan diubah menjadi ventilator untuk pengobatan infeksi virus di unit perawatan intensif di klinik Ambroise Pare di Neully-sur-Seine dekat Paris, ditengah mewabahnya virus corona di Prancis, Rabu (1/4/2020).

Alat Pelindung Diri (APD) hingga ventilator diburu banyak negara karena jumlah kasus positif Covid-19 terus meningkat. Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Budi Gunadi Sadikin bahkan meminta bantuan CEO Tesla Elon Musk untuk mendapatkan alat bantu pernapasan tersebut.

Hal itu bermula ketika Musk menawarkan ventilator yang diproduksi perusahaannya melalui Twitter. Budi langsung membalas cuitan tersebut.

Budi mengatakan, pemerintah mengelola 70 rumah sakit dengan sekitar 6.500 tempat tidur di Indonesia untuk mengatasi pandemi corona. “Kami sedang mencari 300-400 ventilator tambahan secepat mungkin untuk digunakan dalam mengatasi pasien baru positif virus corona,” katanya melalui akun Twitter @BudiGSadikin, kemarin (5/4).

(Baca: Elon Musk hingga FBI Ragu Keamanan Zoom, Penggunanya Justru Melonjak)

Musk membeli 1.255 ventilator dari Tiongkok. Alat bantu pernapasan ini rencananya akan didistribusikan ke Los Angeles dan sudah mendapat persetujuan Badan Pengawas Obat dan Makanan (Food and Drug Administration/FDA) Amerika Serikat (AS).

“Akan dikirimkan ke rumah sakit di seluruh dunia dalam wilayah pengiriman Tesla,” katanya melalui akun @elonmusk.

Perangkat dan biaya pengiriman gratis. "Satu-satunya persyaratan, ventilator segera digunakan untuk pasien, tidak disimpan di Gudang,” kata Musk.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...