Satgas Covid-19: RI Bakal Produksi Massal APD dengan Bahan Baku Lokal

Dimas Jarot Bayu
6 April 2020, 15:59
Satgas Covid-19: Indonesia Bakal Produksi Massal APD dengan Bahan Baku Lokal
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/hp.
Ilustrasi, pekerja membuat kostum Alat Pelindung Diri (APD) di PT Kasih Karunia Sejati , Bandulan, Malang, Jawa Timur, Senin (6/4/2020).

Alat Pelindung Diri (APD) semakin dibutuhkan dengan terus bertambahnya pasien terinfeksi virus corona. Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, Indonesia akan memproduksi APD secara massal menggunakan bahan baku lokal.

Tentunya, APD yang diproduksi sesuai dengan standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). “Ketergantungan kita untuk mendapatkan bahan baku APD dari luar negeri akan bisa teratasi,” kata Doni usai rapat terbatas melalui video conference, Senin (6/4).

Untuk bisa memproduksi APD dalam jumlah besar, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi dan para peneliti di Indonesia. Universitas Indonesia (UI) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) pun tengah melakukan riset untuk bisa memproduksi ventilator.

(Baca: 20 Perusahaa Tekstil akan Produksi Jutaan APD bagi Tenaga Medis Corona)

Dengan begitu, Doni berharap kebutuhan ventilator bisa dipenuhi di dalam negeri. Berdasakan data Kemenkes, jumlah ventilator yang ada di Indonesia sebanyak 8.396 hingga saat ini.

“Gugus Tugas akan mendukung penuh manakala ventilator yang diproduksi lokal ini dapat dioperasionalkan. Tentunya sesuai dengan ketentuan dan standar yang dikeluarkan Kemenkes,” kata Doni.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...