Kasus Positif Covid-19 Bertambah 247, Terbanyak dari Jakarta & Jabar

Penulis: Dimas Jarot Bayu

Editor: Desy Setyowati

7/4/2020, 17.15 WIB

Kasus positif Covid-19 di Indonesia bertambah menjadi 2.738 orang. Tambahan kasus terbanyak berasal dari Jakarta dan Jawa Barat.

Kasus Positif Covid-19 Bertambah 247, Terbanyak dari Jakarta dan jawa barat
ANTARA FOTO/Didik Setiawan/gp/hp.
Ilustrasi, petugas medis mengambil sampel darah saat rapid test atau pemeriksaan cepat COVID-19 di DPP Golkar, Slipi, Jakarta, Selasa (7/4/2020).

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Kasus positif terinfeksi Covid-19 bertambah 247, menjadi 2.738 orang per hari ini (7/4). Tambahan kasus paling banyak berasal dari Jakarta dan Jawa Barat.

"Kami mendapatkan penambahan kasus baru terkonfirmasi dari pemeriksaan PCR Covid-19 sebanyak 247 orang," kata Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto di Gedung BNPB, Jakarta, Selasa (7/4).

Tambahan 247 kasus baru pada hari ini merupakan yang tertinggi secara harian sejak 2 Maret 2020. Penambahan kasus positif virus corona ini berasal dari delapan provinsi.

(Baca: Data Baru Kasus Corona RI: 2.738 Positif, 221 Kematian & 204 Sembuh )

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, penambahan kasus baru di Jakarta dan Jawa Barat merupakan yang terbanyak. Di ibu kota negara, tambahan kasus mencapai 135 sehingga totalnya 1.369 orang.

Sedangkan di Jawa Barat, ada tambahan 80 kasus positif corona. Maka, total kasus positif Covid-19 di Bumi Pasundan mencapai 343 orang.

Posisi ketiga ditempati oleh Sulawesi Selatan, dengan tambahan 15 kasus sehingga totalnya 127 orang. Lalu, ada tambahan tujuh kasus baru di Banten, dengan total 194 orang.

Kemudian, penambahan lima kasus di Jawa Timur. Maka, total kasus di provinsi ini mencapai 194 orang. (Baca: PSBB Disetujui Menkes, Dishub Jakarta Pastikan Tak Tutup Akses Jalan)

Berikutnya, tambahan tiga kasus di Sulawesi Utara sehingga totalnya delapan orang. Sedangkan di Yogyakarta dan Jawa Tengah ada tambahan masing-masing satu kasus. Maka, total kasus di kedua provinsi ini mencapai 41 dan 133 orang.

Pemerintah juga mencatat adanya tambahan 12 pasien yang meninggal dunia akibat virus corona pada hari ini. Secara rinci, tujuh di Jakarta, masing-masing dua di Jawa Timur dan Sulawesi Tengah, serta satu kasus di Banten.

"Maka total kasus kematian akibat corona menjadi 221 orang," kata Yurianto. (Baca: Kematian Tembus 10 Ribu, AS dalam Kondisi Terburuk Pandemi Corona)

Yurianto menyebutkan, ada 12 pasien terinfeksi virus corona yang telah dinyatakan sembuh. Sebanyak empat orang di antaranya berasal dari Jawa Barat.

Lalu, tiga orang dari Jawa Timur, masing-masing dua dari Kalimantan Tengah dan Sulawesi Selatan, serta satu dari Kalimantan Barat. "Kasus sembuh bertambah 12 orang, sehingga menjadi 204 orang," kata Yurianto.

(Baca: Tung Desem, Motivator Bisnis Positif Covid-19 dan Kiat Pengobatannya)

Reporter: Dimas Jarot Bayu

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan