Gojek dan Grab Setop Fitur Angkut Penumpang Ojol selama PSBB Jakarta

Image title
10 April 2020, 13:27
Pengemudi ojek online memasang helm kepada penumpang, di Kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, (17/2/2020). Belum sampai satu tahun diterapkan tarif baru ojek online, kini tarifnya akan disesuaikan kembali. Kenaikan tarif tersebut rencananya akan dibe
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Pengemudi ojek online memasang helm kepada penumpang, di Kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, (17/2/2020). Belum sampai satu tahun diterapkan tarif baru ojek online, kini tarifnya akan disesuaikan kembali. Kenaikan tarif tersebut rencananya akan diberlakukan di area Jabodetabek dengan tarif kisaran Rp. 2.500 per kilometer.

Gojek menghentikan sementara layanan GoRide  di Jabodetabek selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Provinsi DKI Jakarta. Tujuannya menekan penyebaran virus Corona.

Menurut Chief of Corporate Affairs PT Gojek Indonesia Nila Marita, kebijakan ini dilakukan untuk mematuhi kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 

“Adapun layanan transportasi roda empat GoCar dan GoBlueBird juga masih tersedia dengan maksimal jumlah penumpang 2 orang agar physical distancing bisa tetap terjaga,” katanya melalui keterangan tertulis, Jumat (10/4).

Selain dua layanan tersebut, Nila menyatakan layanan pesan antar makanan GoFood, layanan telemedik dan pengantaran obat GoMed, serta layanan pengantaran barang GoSend, GoMart, GoShop dan GoBox tetap beroperasi melayani masyarakat selama periode PSBB.

“Masyarakat dapat menggunakan layanan ini tanpa kontak fisik secara langsung (contactless delivery),” ujarnya.

Selanjutnya, Nila menyatakan dalam rangka memastikan kesehatan mitra Gojek menyediakan masker untuk perlindungan diri. Pihaknya juga mengimbau agar penumpang GoCar menggunakan masker selama perjalanan dan mengikuti panduan keamanan selama perjalanan yang diinformasikan lewat aplikasi.

Nila dalam keterangannya menekankan, “Gojek siap menjadi garda terdepan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat DKI Jakarta selama periode PSBB.”

(Baca: PSBB Jakarta Diberlakukan, Ojek Online Resmi Dilarang Bawa Penumpang)

Seperti Gojek, Grab Indonesia dalam peryataan resminya Jumat (10/4) menyatakan menghentikan sementara layanan GrabBike. Namun, berbagai layanan Grab seperti pengiriman makanan, pengiriman barang, GrabMart dan GrabCar masih tetap beroperasi.

Halaman:
Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...