Pemerintah Godok Insentif Listrik untuk Semua Usaha Terdampak Corona

Image title
14 April 2020, 15:47
kementerian esdm, tarif listrik, pandemi corona, virus corona, insentif pelaku usaha
ANTARA FOTO/Maulana Surya
Ilustrasi pelaku UMKM. Kementerian ESDM telah menyiapkan beberapa skenario insentif tarif listrik bagi pelaku usaha termasuk UMKM.

Pemerintah tengah menyiapkan insentif keringanan tarif listrik bagi para pelaku usaha yang terdampak pandemi corona. Adapun saat ini pemerintah baru memberikan insentif keringanan tagihan listrik untuk pelanggan 450 volt ampere (VA) dan 950 VA bersubsidi.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Hendra Iswahyudi menjelaskan skenario perluasan insentif sedang disiapkan untuk pelanggan industri, bisnis, dan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Beberapa skenario tersebut di antaranya menggratiskan biaya beban melalui rekening minimum atau diberikan diskon 5% hingga 10%. "Selama tiga bulan ini kita tetap mereview termausk perkembangan 450 va dan 900 va subsidi. Kami kalkulasi juga UMKM dan industri kecil," kata Hendra dalam video conference Selasa, (14/4).

Meski begitu, pihaknya tidak ingin mendahului kebijakan Presiden. Hanya saja, dirinya menyiapkan beberapa seknario untuk melakukan langkah mitigasi menghadapi pandemi ini. “Keputusan tetap berada di tangan Presiden. Kita hanya menyiapkan berbagai skenario,” ujarnya.

(Baca: Pemerintah Diminta Perluas Diskon Listrik untuk Warga Rentan Miskin)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...