Grab & Good Doctor Tes Corona Gratis Mitra Pengemudi dan Tenaga Medis

Cindy Mutia Annur
15 April 2020, 19:57
grab, rapid test, pcr test, virus corona, pandemi corona, mitra grab,
grab
Mitra pengemudi Grab. Grab dan Good Doctor akan memberikan tes deteksi corona gratis kepada 1.000 orang mitra pengemudi dan tenaga kesehatan mulai hari ini, Rabu (15/4).

Grab melalui layanan kesehatannya, GrabHealth Powered by Good Doctor, memberikan tes deteksi virus corona gratis kepada 1.000 orang mitra pengemudi dan tenaga kesehatan.

Pada fase pertama yang dimulai hari ini, Rabu (15/4), mitra pengemudi maupun pengantaran Grab menjalani rapid test, sedangkan PCR test diberikan kepada para tenaga kesehatan. Adapun layanan ini akan berlangsung hingga 30 April 2020.

"Tentunya untuk memastikan kelayakan berdasarkan tingkat risiko infeksi, semua peserta tes akan melalui skrining terlebih dahulu dalam platform kami," ujar Managing Director Good Doctor Technology Indonesia Danu Wicaksana melalui siaran pers, Rabu (15/4).

Dia menambahkan bahwa sejak wabah corona dinyatakan sebagai pandemi global pada Februari lalu, hingga saat ini perusahaan mencatat ada kenaikan layanannya hingga empat kali lipat, mulai dari tanya jawab online, penyebaran edukasi, hingga layanan skrining risiko terjangkit corona via telekonsultasi.

(Baca: PSBB Bogor-Depok Berlaku Hari Ini, GoRide & GrabBike Tak Bisa Dipakai)

"Mulai hari ini perusahaan memperluas layanan rapid test dan PCR test secara gratis bagi mereka yang membutuhkan. Bagi mereka yang mendapatkan hasil positif melalui rapid test, akan menjalani pengujian PCR test untuk konfirmasi lebih lanjut," kata Danu.

Adapun rapid test dilakukan secara drive-through, sehingga tenaga kesehatan maupun mitra pengemudi Grab yang akan mengikuti tes diharuskan untuk datang ke lokasi dengan menggunakan kendaraan, motor atau mobil.

Sedangkan PCR test akan dilakukan dengan sistem walk-in atau datang langsung ke rumah sakit yang telah ditentukan. Danu mengatakan bahwa pihaknya bakal  memperluas penyediaan jumlah tes gratis ini di fase berikutnya.

Sementara itu Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan, keamanan dan kesehatan menjadi prioritas utama perusahaan. "Pelaksanaan rapid test dan PCR test ini dilakukan sebagai bentuk kesiapsiagaan kami dalam demi melindungi kesehatan dan keamanan para mitra pengemudi, tim medis, dan pelanggan kami," ujarnya.

(Baca: Pemerintah Datangkan 150 Ribu PCR untuk Percepat Pemeriksaan Corona)

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...