Kasus Positif Corona AS Capai 600 Ribu, Trump Setop Beri Dana ke WHO

Desy Setyowati
15 April 2020, 09:29
Kasus Positif Corona AS 600 Ribu, Trump Ancam Lagi Tarik Dana di WHO
ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Barri
Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengadakan konferensi pers mengenai wabah virus korona di Gedung Putih di Washington, Amerika Serikat, Rabu (26/2/2020).

Kasus positif virus corona di Amerika Serikat (AS) tembus 600 ribu orang per hari ini (15/4). Presiden Donald Trump setop memberikan dana untuk menangani pandemi corona ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) .

Trump sempat mengancam akan melakukan hal tersebut pada pekan lalu (8/4). Hari Ini, ia resmi menyetop memberikan dana ke WHO.

Advertisement

“WHO gagal dalam tugas dasarnya dan harus bertanggung jawab,” kata Trump saat konferensi pers, dikutip dari Reuters, Rabu (15/4). Trump juga menilai, organisasi ini mempromosikan disinformasi dari Tiongkok terkait penyebaran wabah Covid-19.

AS merupakan penderma terbesar untuk WHO yang berbasis di Jenewa. Negeri Paman Sam menyumbang lebih dari US$ 400 juta pada tahun lalu, atau sekitar 15% dari anggaran.

(Baca: Kasus Corona di AS Tembus 400 Ribu, Trump dan WHO Saling Balas Kritik)

Penahanan dana oleh AS tersebut pun sudah diperkirakan. Sebab, Trump semakin kritis terhadap WHO ketika krisis kesehatan global terus berlanjut.

Namun, keputusan Trump itu langsung menuai kecaman. “Langkah berbahaya ke arah yang salah, yang tidak akan membuat kita mengalahkan Covid-19 dengan lebih mudah,” kata Presiden Asosiasi Medis Amerika Dr. Patrice Harris.

Perwakilan Demokrat Nita Lowey, yang mengepalai Komite DPR AS juga menilai Trump melakukan kesalahan. “Virus corona tidak bisa dikalahkan di sini, di AS. Itu harus dikalahkan di setiap lokasi, yang mugkin di seluruh dunia," katanya dalam sebuah pernyataan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement