Rupiah Menguat 15.575 per dolar AS Berkat Stimulus AS & Surplus Dagang

Agatha Olivia Victoria
15 April 2020, 17:05
rupiah, rupiah menguat, stimulus the fed, neraca perdagangan, The federal reserve, stimulus AS
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi. Rupiah pada perdagangan sore ini menguat 0,45% meski mayoritas mata uang Asia melemah.

Nilai tukar rupiah pada perdagangan pasar spot sore ini, Rabu (15/4) menguat 0,45% ke level Rp 15.575 per dolar AS. Rupiah kian perkasa berkat pengumuman stimulus baru Bank Sentral AS dan data surplus neraca perdangan yang lebih besar dari ekspektasi.

Selain rupiah, sejumlah mata uang Asia turut menguat terhadap dolar AS. Mengutip Bloomberg, dolar Hong Kong naik 0,01%, dolar Taiwan 0,04%, peso Filipina 0,01%, dan baht Thailand 0,07%.

Advertisement

Sementara itu, mayoritas mata uang Asia melemah. Yen Jepang turun 0,15%, dolar Singapura 0,64%, won Korea Selatan 0,01%, rupee India dan yuan Tiongkok 0,21%, dan ringgit Malaysia 0,11%.

Adapun kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate yang dipublikasikan BI menempatkan rupiah menguat 15 poin ke level Rp 15.722.

(Baca: Wabah Corona Mereda, Barang Impor Tiongkok Kembali Banjiri Indonesia)

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim menjelaskan penguatan rupiah antara lain dipengaruhi oleh respons pasar terhadap program pinjaman besar yang dirilis Bank Sentral AS, The Federal Reserve. Selain itu, data neraca perdagangan yang dipublikasikan BPS hari ini juga lebih baik dari ekspektasi pasar. 

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement