PLN Sebut Proyek Listrik 35.000 MW akan Tersendat Imbas Pandemi Corona

Image title
16 April 2020, 15:23
proyek listrik 35 ribu megawatt, pln, pandemi corona,
PLN
Akibat pandemi corona, megaproyek listrik 35.000 megawatt milik PLN diproyeksi bakal tertunda.

PLN memproyeksikan beberapa proyek pembangunan pembangkit listrik 35 ribu megawatt (MW) akan tersendat imbas pandemi corona. Hal ini lantaran PLN hanya memprioritaskan proyek yang bernilai tinggi untuk terus berjalan di tengah pandemi.

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini menjelaskan bahwa merebaknya wabah Covid-19 telah menyebabkan sejumlah proyek pembangkit listrik terganggu. Meski demikian, dia tak memerinci secara detail proyek yang terganggu dan hanya menegaskan jika proyek yang sudah berjalan tahun ini harus rampung.

"(Proyek) proritas tinggi tetap berjalan, yaitu proyek yang harus selesai 2020. Proyek yang bisa ditunda akan kami tunda dengan mitigasi yang baik," ujar Zulkifli dalam rapat bersama Komisi VI DPR via video conference, Kamis, (16/4).

(Baca: Penjualan Listrik PLN Kuartal I Hanya Naik Tipis Terimbas Corona)

Selain itu, lanjut Zulkifli, pihaknya akan meninjau kembali rencana investasi proyek kelistrikan dengan melihat proyeksi beban dan konsumsi saat ini. Pasalnya, berbagai kebijakan pembatasan sosial membuat konsumsi listrik turun cukup signifikan.

Pada sistem Jawa-Bali, misalnya, dia menyebutkan konsumsi listrik turun hingga 9,55%. Kondisi yang sama juga terjadi di daerah lainnya, namun dengan skala yang berbeda.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...