AS Ingin Buka Lockdown agar Ekonomi Jalan, IHSG dan Bursa Asia Meroket

Image title
17 April 2020, 13:16
ihsg hari ini, ihsg naik, amerika serikat, lockdown, corona
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/nz
IHSG sesi I Jumat (17/4) naik 2,9% sejalan dengan bursa saham Asia lainnya ditopang sentimen dari AS yang berencana melonggarkan lockdown di sejumlah negara bagian.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan sesi pertama Jumat (17/4) melesat naik 2,9% menyentuh level 4.610,36. Naiknya indeks dalam negeri sejalan dengan kinerja bursa Asia lainnya yang juga kompak menghijau.

Seperti indeks Nikkei 225 di bursa Jepang dan indeks Hang Seng di Hong Kong yang hingga berita ini ditulis naik masing-masing 2,81% dan 2,39%. Selain itu, indeks Shanghai Composite di Tiongkok naik 0,97%, Straits Times naik 1,45%, serta Kospi dan PSEi Filipina melejit 3,4% dan 4,78%.

Kenaikan tersebut sejalan dengan bursa berjangka Amerika Serikat (AS) Dow Jones Index Future yang sejauh ini sudah naik 3,61%. Bursa AS di Wall Street juga ditutup lebih tinggi, dengan indeks Dow Jones naik 0,14%, S&P 500 naik 0,57%, dan Nasdaq naik 1,66%.

Direktur Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus menilai salah satu sentimen yang menyokong penguatan bursa-bursa global, khususnya AS, yaitu wacana pelonggaran karantina wilayah (lockdown) di sejumlah negara bagian AS.

(Baca: IHSG Berbalik Naik 3,04%, Analis Sarankan Investor Selektif Beli Saham)

Presiden AS Donald Trump semalam mengeluarkan pedoman terbaru dengan cakupan yang lebih luas untuk memulai melonggarkan kebijakan lockdown. Pasalnya Trump ingin perekonomian AS bisa berjalan kembali seperti sebelumnya.

Dengan pelonggaran itu, negara bagian yang sebelumnya memberlakukan kondisi darurat untuk memperlambat penyebaran virus corona, tidak secara hukum harus mengikuti instruksi Gedung Putih. Namun dengan adanya pedoman baru tersebut, setidaknya dapat menjadi panduan bagi para Gubernur untuk melakukan pelonggaran.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...