Berdikari Serap 500 Ribu Ekor Ayam dari Peternak untuk Dongkrak Harga

Image title
20 April 2020, 18:33
harga daging ayam, berdikari, pandemi corona, daya beli
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/wsj.
Harga ayam anjlok dari sekitar Rp 28 ribu per kg menjadi hanya Rp 7 ribu hingga Rp 8 ribu per kg imbas turunnya permintaan.

Harga ayam terus merosot dengan melimpahnya pasokan dan turunnya daya beli masyarakat akibat pandemi corona. Untuk mendongkrak kembali harga dan menyelamatkan peternak mandiri, PT Berdikari (Persero) telah menyerap sebanyak 500 ribu ekor ayam dari peternak mandiri.

Direktur Utama PT Berdikari Harry Warganegara mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan hal tersebut sejak pekan lalu. Nantinya, ayam hasil serapan dari peternak akan disimpan pada ruangan pendingin atau cold storage untuk disalurkan ketika masyarakat membutuhkan.

"Minggu lalu itu target pembelian dari petani mandiri sebanyak 500.000 ekor sesuai kemampuan. Kami ambil dari petani mandiri yang ada di daftarnya Kementerian Pertanian," kata dia dalam rapat virtual dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta, Senin (20/4).

Adapun harga daging ayam ras secara nasional di tingkat kosumen menurut Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPSN) per kilogram (kg) mencapai Rp 28.450. Sementara akibat melimpahnya pasokan harga di tingkat petani pada minggu lalu harganya sekitar Rp 7.000 - 8.000 per kg.

(Baca: Penjualan Ayam Anjlok 40% Imbas Corona, Peternak Terancam Gulung Tikar)

Harry menjelaskan, saat ini penyimpanan daging ayam pada cold storage perusahaan sudah mendekati 100% karena melimpahnya pasokan.

Untuk tetap menjaga kualitas daging ayam, Berdikari mendesak Kementerian Sosial (Kemensos) dan Pemda agar memasukkan daging ayam pada bantuan sembako yang disalurkan kepada warga terdampak langsung pandemi virus corona.

"Kami usulkan dari Kemensos atau Pemda itu memasukkan daging ayam dalam paket sembakonya. Kalau itu bisa dilakukan pemerintah saya rasa perputaran siklusnya jalan," kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...