Jokowi Larang Mudik, Pegipegi dan Tiket.com Mitigasi Pendapatan Anjlok

Cindy Mutia Annur
21 April 2020, 18:14
Jokowi Larang Mudik, Pegipegi dan Tiket.com Mitigasi Pendapatan Anjlok
Google Play Store
Ilustrasi platform Pegipegi dan Tiket.com

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melarang masyarakat untuk mudik lebaran tahun ini, guna mengantisipasi penyebaran virus corona ke berbagai daerah. Startup penyedia layanan online travel agent (OTA) Pegipegi dan Tiket.com pun menyiapkan sejumlah strategi untuk mengantisipasi transaksi makin anjlok.

Biasanya, transaksi OTA mulai dari pemesanan tiket pesawat, kereta api, bus hingga hotel melonjak saat libur lebaran. Namun, tahun ini kondisinya berbeda karena ada pandemi corona.

Kendati begitu, Corporate Communications Manager Pegipegi Busyra Oryza menilai bahwa larangan mudik lebaran merupakan cara terbaik guna meminimalkan penyebaran Covid-19. Perusahaan pun mendukung langkah ini.

(Baca: Jokowi Resmi Larang Masyarakat Mudik Lebaran Tahun Ini)

Pegipegi juga menyiapkan sejumlah langkah antisipasi pendapatan anjlok karena transaksi terdampak pandemi corona. “Strategi utama kami yakni bertahan dengan memangkas biaya pemasaran secara signifikan hingga situasi mulai pulih," ujar Busyra kepada Katadata.co.id, Selasa (21/4).

Penurunan transaksi secara drastis juga dialami Tiket.com. Hanya, Chief Marketing Officer (CMO) Tiket.com Gaery Undarsa enggan memerinci besaran penurunannya.

Meski begitu, perusahaan tidak berencana melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) atau memotong gaji karyawan untuk bertahan di tengah pandemi Covid-19. Namun, pemotongan gaji pegawai merupakan opsi terakhir yang dapat mereka lakukan untuk mempertahankan bisnis.

Tiket.com pun memilih berfokus pada dua strategi. Pertama, memangkas biaya pemasaran dan komersial secara besar-besaran. "Kami memotong pengeluaran pemasaran dan komersial 90%. Karena memang sudah waktunya, mau tidak mau kami melakukan itu supaya bisa pertahankan karyawan," ujar Gaery saat video conference, pekan lalu (13/4).

(Baca: Tiket.com: Refund Tiket Pesawat & Hotel Melonjak Hingga 10 Kali Lipat)

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...