Fintech Modalku Dapat Dana Rp 625 M, Bantu Peminjam Terdampak Corona

Fahmi Ahmad Burhan
23 April 2020, 11:45
Fintech Modalku Dapat Dana Rp 625 M, Bantu Peminjam Terdampak Corona
modalku
Co-Founder & COO Modalku Iwan Kurniawan, Co-Founder & CEO Modalku Reynold Wijaya, Head of Micro Business Modalku Sigit Aryo Tejo.

Startup teknologi finansial pembiayaan (fintech lending) Modalku mendapatkan komitmen pendanaan seri C US$ 40 juta atau sekitar Rp 625 miliar. Rencananya, sebagian dana segar ini akan dipakai untuk merestrukturisasi kredit Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang terdampak pandemi corona.

"Pendanaan ini akan mendukung UMKM untuk tetap bertumbuh terutama di masa krisis (pandemi virus corona) seperti sekarang ini," kata Co-Founder & CEO Modalku Reynold Wijaya dalam siaran pers, Kamis (23/4).

Karena berupa komitmen, investor yang akan terlibat dalam investasi tersebut belum bisa disampaikan. Namun, perusahaan mengungkapkan bahwa pemodal terdahulu berpartisipasi dalam putaran pendanaan ini, dan ada juga yang baru.

Sekadar informasi, Modalku telah meraih pendanaan seri B US$ 25 juta dari SoftBank Ventures, Sequoia, Alpha JWC Ventures, dan Golden Gate Ventures pada 2018 lalu. Perusahaan juga memperoleh pendanaan berupa pinjaman (debt funding) dari investor yang berbasis di Belanda, Triodos Microfinance Fund dan Triodos Fair Share Fund pada akhir tahun lalu.

(Baca: Modalku, Investree dan Akseleran Kaji Keringanan Kredit Akibat Pandemi)

Reynold menyampaikan, kondisi pandemi Covid-19 menyebabkan beberapa sektor bisnis UMKM terpukul. Begitu juga dengan UMKM yang menjadi peminjam (borrower) di Modalku.

Karena itu, perusahaan ingin membantu UMKM dengan merestrukturisasi kredit di Modalku. Ada dua pendekatan keringanan pinjaman yakni proaktif dan kolaboratif.

Bentuk relaksasi yang difasilitasi oleh Modalku yakni penyesuaian limit pinjaman dan perpanjangan tenor. Modalku akan menyesuaikan restrukturisasi dengan melihat kasus per kasus.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...