Fintech Modalku Target Salurkan Pinjaman Rp 20 T & Berencana Ekspansi

Fahmi Ahmad Burhan
29 Januari 2020, 15:06
Fintech Modalku Target Salurkan Pinjaman Rp 20 Triliun dan Berencana Ekspansi
modalku
Ilustrasi, CEO sekaligus Co-Founder Modalku Reynold Wijaya dan COO sekaligus Co-Founder Modalku Iwan Kurniawan.

Modalku menargetkan, penyaluran pinjaman tumbuh dua kali lipat pada tahun ini. Perusahaan teknologi finansial pembiayaan (fintech lending) pun berencana ekspansi ke satu negara di Asia Tenggara.

Sejak 2016 hingga saat ini, induk usaha Modalku, Funding Societies sudah menyalurkan pinjaman lebih dari Rp 12 triliun kepada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Mayoritas disalurkan ke UMKM di Tanah Air.

Advertisement

Co-founder sekaligus COO Modalku Iwan Kurniawan mengatakan, secara keseluruhan di Asia Tenggara, perusahaan menargetkan bisa menyalurkan pinjaman Rp 14 triliun sepanjang 2020. Jumlah itu meningkat dua kali lipat dibanding penyaluran tahun lalu Rp 7 triliun.

"Jadi kalau ditotal dari awal (2016) bisa mendekati Rp 20 triliun. Semoga bisa," ujar Iwan di Jakarta, Rabu (29/1). (Baca: Fintech Modalku Capai Target Salurkan Pinjaman Rp 10 Triliun ke UMKM)

Jumlah peminjam (borrower) mencapai 1,4 juta hingga akhir tahun lalu. Fintech lending ini menargetkan, jumlah peminjam meningkat dua kali lipat tahun ini.

Indusk usaha Modalku juga berencana memperluas pasarnya di Asia Tenggara. Saat ini, Funding Societies beroperasi di Indonesia, Singapura, dan Malaysia. “Yang jelas satu negara dan itu di Asia Tenggara," kata Iwan. 

Iwan menjelaskan, butuh kajian untuk mengetahui cara yang tepat berekspansi. Selain itu, perusahaan harus mencari mitra yang cocok dan mengajukan perizinan di negara tersebut.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement