Gojek, Halodoc, Grab & Good Doctor Perluas Rapid Test Virus Corona

Fahmi Ahmad Burhan
23 April 2020, 11:05
Gojek, Halodoc, Grab & Good Doctor Perluas Rapid Test Virus Corona
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/foc.
Ilustrasi, petugas medis melakukan Rapid Test (test cepat) mandiri Covid -19 secara drive thru di Rumah Sakit Primaya Hospital Tangerang, Banten, Selasa (21/4/2020).

Startup kesehatan, Halodoc dan Good Doctor, serta Gojek dan Grab menyediakan layanan uji risiko terinfeksi virus corona secara massal (rapid test) dan swab test dengan Polymerase Chain Reaction (PCR). Layanan ini juga diperluas ke beberapa daerah.

Grab melalui, GrabHealth yang didukung Good Doctor memperluas cakupan rapid test dan PCR test ke delapan kota yakni Bekasi, Bogor, Tangerang, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makassar.

Managing Director Good Doctor Technology Indonesia Danu Wicaksana mengatakan, partisipasi warga untuk mengikuti tes perlu ditingkatkan. Hal ini karena jumlah kasus positif virus corona terus bertambah hingga tiga kali lipat sejak awal bulan ini.

Perusaaan telah melayani tes risiko terjangkit Covid-19 di Jakarta. Namun, Grab dan Good Doctor menyadari bahwa provinsi di luar Jakarta menyumbang hampir 40% dari jumlah kasus positif. 

(Baca: Grab & Good Doctor Tes Corona Gratis Mitra Pengemudi dan Tenaga Medis)

Karena itu, keduanya memperluas layanan tes ke luar Jakarta. "Kami menargetkan peningkatan kapasitas memperluas program rapid dan PCR test gratis ini ke delapan kota tambahan lainnya," kata Danu dalam siaran pers, kemarin (22/4). 

Perluasan tes ke delapan kota akan dimulai serentak pada 27 April nanti. Pendaftarannya sudah dibuka hari ini (23/4). Tenaga medis dan mitra pengemudi yang ingin mendaftar dapat mengakses lewat aplikasi Grab dan pilih GrabHealth.

Pengguna terlebih dahulu berkonsultasi dengan mitra dokter Good Doctor dan melalui proses skrining. Tes gratis diberikan hanya pada tenaga medis dan mitra pengemudi yang berisiko sedang atau tinggi.

(Baca: Transaksi Anjlok, CEO Grab Sebut Pandemi Corona Krisis Terbesar)

Selain memperluas cakupan, kedua perusaaan menambah kuota peserta tes. Pada pertengahan bulan ini, keduanyam sudah memberikan layanan tes pada 1.000 tenaga medis dan mitra pengemudi. Hingga pertengahan Mei nanti, Grab menargetkan bisa melayani tes sampai 5.000 peserta.

Danu memastikan, semua tahapan tes dilakukan dengan protokol kesehatan yang lengkap dan sesuai dengan arahan pemerintah untuk terus menjaga jarak 
fisik (physical distancing). Semua staf yang terlibat dalam rapid test dan PCR test akan dilengkapi dengan alat pelindung diri.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...