Bantu Industri Terdampak Corona, Kemenperin Realokasi Anggaran Rp 75 M

Image title
28 April 2020, 19:28
Bantu Industri Terdampak Corona, Kemenperin Realokasi Anggaran Rp 75 M.
ANTARA FOTO/Maulana Surya/hp.
ilustrasi pekerja sektor UMKM. Kemenperind merelokasi anggaran Rp 75,77 miliar untuk membantu industri terdampak pandemi corona seperti sektor IKM dan UMKM.

Kementerian Perindustrian merealokasi anggaran untuk industri terdampak pandemi corona sebesar Rp 75,77 miliar. Namun, angka tersebut menyusut dibanding anggaran yang direncanakan sebelumnya sebesar Rp 113,15 miliar.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenperin Achmad Sigit Dwiwahjono mengatakan penurunan  itu sejalan dengan dipangkasnya pagu anggaran 2020 Kemenperin oleh Kementerian Keuangan. Sehingga Kemenperin tak mempunyai alokasi yang cukup untuk kegiatan direfocusing.

Adapun pagu anggaran Kemenperin tahun 2020 semula sebesar Rp 2,95 triliun, lalu dipangkas Kementerian Keuangan sebesar Rp 858 miliar. "Sehingga Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) Kemenperin tersisa Rp 2,09 triliun," kata Sigit saat rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR secara virtual di Jakarta, Selasa (28/4).

(Baca: Kemenperin Sebut 60% Industri Terpukul Pandemi Corona)

Terkait realokasi anggaran penanganan corona, sebanyak 79% atau Rp 59,9 miliar akan diprioritaskan untuk membantu penanganan sektor industri yang terdampak seperti  industri kecil dan menengah atau IKM.

Sedangkan untuk membantu pengembangan sentra IKM terdampak Covid-19, khususnya untuk fasilitasi bahan baku dan bahan penolong akan dianggarkan sebesar Rp 11,35 miliar.

Tak hanya itu, Kemenperin akan membantu para pekerja yang terdampak pemutusan hubungan kerja (PHK)sebesar Rp Rp 33,61 miliar, yang mana  Rp 24,9 miliar merupakan anggaran dari dana dekonsentrasi. 

Untuk pengembangan IKM terdampak Covid-19, pihaknya juga akan menganggarkan  Rp 3 miliar, dan terakhir untuk restrukturisasi mesin dan peralatan IKM digelontorkan Rp 11,94 miliar.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...