Lazada Gaet 2.500 Petani Luncurkan Laman Khusus Sayuran

Cindy Mutia Annur
28 April 2020, 20:00
Lazada Gaet 2.500 Petani Luncurkan Laman Khusus Sayuran
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi Lazada

Lazada meluncurkan laman khusus sayuran di Indonesia menjelang ramadan. Perusahaan e-commerce asal Singapura ini pun menggandeng Rumah Sayur Group dan 2.500 mitra petani binaan Desa Sejahtera Astra-Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk menyediakan layanan anyar itu.

EVP Commercial FMCG Category Lazada Indonesia Bobby Gandasaputra menilai, potensi penjualan bahan pokok, termasuk sayuran cukup besar. Permintaannya bahkan melonjak selama pandemi corona.

Karena itu, Lazada meluncurkan laman khusus sayuran untuk memudahkan konsumen dan membantu petani di Jawa Barat. "Kami ingin membantu mitra petani menjual produk hasil pertaniannya dengan harga yang kompetitif di platform," ujar Bobby saat video conference, Selasa (28/4).

Saat ini, ada sekitar 150 produk sayuran yang tersedia di platform Lazada. "Jumlahnya akan bertambah setiap hari," ujar Bobby. (Baca: Masuk Ramadan, Tokopedia Luncurkan Tiga Layanan untuk Dorong Transaksi)

Sayuran tersebut akan segera diantar dengan jasa pengiriman instan dan tiba di rumah pembeli dalam tiga jam setelah paket dijemput oleh mitra kurir. Lazada menggandeng Gojek untuk menyediakan layanan logistik. 

Rektor IPB Arif Satria menambahkan, selama ini petani menghadapi persoalan jatuhnya harga ketika pasokan berlebih pasca-panen. “Salah satu upaya kami untuk memacu kelancaran distribusi tersebut yakni mengandeng marketplace atau e-commerce,” ujar dia.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...