Tangkal Corona, Pemerintah akan Beri Insentif 2,44 Juta Petani Miskin

Dimas Jarot Bayu
28 April 2020, 16:33
Ilustrasi, petani memanen padi. Pemerintah memutuskan memberikan insentif bagi 2,44 juta petani miskin agar para petani tetap bisa berproduksi di tengah pandemi Covid-19.
ANTARA FOTO/Rahmad
Ilustrasi, petani memanen padi. Pemerintah memutuskan memberikan insentif bagi 2,44 juta petani miskin agar para petani tetap bisa berproduksi di tengah pandemi Covid-19.

Pemerintah akan memberikan insentif bagi 2,44 juta petani kategori miskin di Indonesia, agar para petani tersebut tetap bisa berproduksi di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

"Pemerintah melihat pada saat ini ada urgensi untuk memberikan insentif kepada para petani kategori miskin," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai rapat terbatas melalui video conference, Selasa (28/4).

Insentif yang akan diberikan pemerintah berupa pemberian bantuan senilai Rp 600.000 per petani. Dari jumlah tersebut, Rp 300.000 akan diberikan dalam bentuk tunai, sementara sisanya Rp 300.000 berupa sarana dan prasarana produksi pertanian.

Airlangga mengungkapkan, sarana dan prasarana produksi pertanian tersebut terdiri dari bibit, pupuk, dan alat-alat produksi pertanian lainnya. Insentif ini diproyeksikan diberikan selama tiga bulan.

Meski demikian, Menko Perekonomian belum bisa membuka secara rinci teknis pemberian insentif tersebut. Ia hanya mengatakan, teknis pemberian insentif akan segera diumumkan oleh Menteri Pertanian

Keputusan pemberian insentif ini merupakan respons atas keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang menginginkan agar stimulus ekonomi juga bisa menyasar para petani.

(Baca: Jokowi Catat Sejumlah Daerah Defisit Bahan Pokok, Terbesar Gula Pasir)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...