Harga Saham Telkom dan Indosat Meroket, IHSG Ditutup Naik 0,83%

Image title
29 April 2020, 16:37
ihsg hari ini, saham telkom, saham indosat,
Arief Kamaludin|KATADATA
Saham-saham perusahaan telekomunikasi menopang laju positif IHSG hari ini, Rabu (29/4), yang naik 0,83%.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) bergerak di zona hijau sepanjang perdagangan Rabu (29/4) dan ditutup pada level 4.567,32 atau naik 0,83%. Penguatan indeks pada hari ini, ditopang oleh saham-saham sektor infrastruktur, khususnya saham telekomunikasi.

Sektor infrastruktur pada perdagangan hari ini, ditutup naik paling tinggi dibandingkan sektor lainnya yakni sebesar 3,72%. Saham yang bergerak di bisnis telekomunikasi menjadi penyokongnya, seperti PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) yang ditutup meroket 6,01% menjadi Rp 3.350 per saham.

Saham lainnya, yang naik signifikan yaitu PT Indosat Tbk (ISAT) yang bahkan ditutup naik 10,29% menjadi Rp 2.250 per saham hari ini. Pesaingnya, PT XL Axiata Tbk (EXCL) ditutup menguat juga 1,57% di Rp 2.590 per saham. Selain itu, saham PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) juga naik 2,97% di Rp 104 per saham.

Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia Lee Young Jun menilai bahwa pemakaian data internet diperkirakan akan terus tumbuh tinggi sehingga saham-saham tersebut ikut terkerek. Tumbuhnya trafik internet, sejalan dengan bertambahnya pengguna telepon cerdas.

(Baca: IHSG Sesi I Naik 0,44% di Tengah Aksi Jual Saham Investor Asing)

Terlebih, Lee menilai operator-operator tersebut bakal menaikan tarif internet. "Tidak ada alasan rasional untuk menjaga harga tetap rendah, harga data relatif terjangkau, dan ini adalah waktu yang tepat untuk menaikkan harga," katanya.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...