Bersaing Ketat, Shopee dan Tokopedia Rilis Fitur Baru Sambut Ramadan
Startup e-commerce Shopee dan Tokopedia sama-sama meluncurkan fitur baru ketika memasuki ramadan. Kedua perusahaan juga mengembangkan layanan khusus untuk pembelian makanan dan minuman, yang permintaannya meningkat akibat pandemi corona.
Shopee merilis laman khusus produk halal dan fitur penunjang ibadah, Shopee Barokah. Public Relations Lead Shopee Aditya Maulana Noverdi mengatakan, fitur anyar ini untuk mempermudah konsumen mencari aneka produk halal mulai dari takjil, busana muslim, kosmetik hingga peralatan ibadah yang telah terkurasi.
"Kami menjamin, pembayaran di Shopee Barokah bebas riba dan tanpa cicilan," ujar Aditya saat video conference, Rabu (29/4). Karena itu, konsumen tidak bisa membayar belanjaan dengan kartu kredit atau paylater.
(Baca: Masuk Ramadan, Tokopedia Luncurkan Tiga Layanan untuk Dorong Transaksi)
Perusahaan asal Singapura itu juga bekerja sama dengan lembaga penyalur zakat dan donasi seperti Baznas, Dompet Dhuafa, ACT, dan Rumah Zakat. Selain itu, Shopee menggandeng BenihBaik untuk memberikan donasi sembako bagi masyarakat yang tertimpa pandemi virus corona.
Pesaingnya, Tokopedia juga telah mengembangkan fitur pengingat jadwal salat, imsak, berbuka puasa, serta zakat dan donasi secara online. Salah satu unicorn Tanah Air ini juga meluncurkan tiga fitur baru memasuki ramadan.
Ketiganya yakni aplikasi Tokopedia Seller, fitur Tokopedia Play, dan Beli Langsung. AVP of Product Tokopedia Priscilla Anais mengatakan, ketiga fitur tersebut dikaji sejak tahun lalu. Sebelum merilis ketiganya, perusahaan menyurvei konsumen dan mitra penjual.