Keluhan Listrik Naik, Ini Tarif Terkini & Cara Hitung Tagihan Pribadi

Image title
5 Mei 2020, 14:57
Tarif listrik terkini dan cara mengecek tagihan listrik secara mandiri.
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/aww.
Warga memasukkan pulsa token listrik di rumahnya di Kota Kediri, Jawa Timur, Minggu (5/4/2020). Masyarakat mengeluhkan tagihan listrik naik. Ini tarif listrik terkini dan cara mengecek tagihan secara mandiri.

Masyarakat ramai mengeluhkan naiknya tagihan listrik selama masa pandemi virus corona kepada PLN. Menurut mereka, kenaikan ini semakin menambah beban pengeluaran di saat kondisi ekonomi justru tak menentu akibat covid-19

Misalnya Risma, seorang warga Kelurahan Payo Lebar, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi. Ia menyebut tagihan penggunaan listriknya meningkat dari Rp 305 ribu pada Februari 2020 menjadi Rp 400 ribu di bulan setelahnya.

“Harapannya pemerintah juga memikirkan tagihan PLN bagi kami yang bekerja dari rumah,” kata Risma seperti dilansir Antara, Minggu (3/5).

Puluhan warga di Kota Langsa, Provinsi Aceh, kemarin (4/5) bahkan sampai mendatangi kantor PLN di sana untuk memprotes kenaikan tagihan listrik. Mereka meminta agar tarif listrik dikembalikan normal agar beban ekonominya selama pandemi bisa terkurangi.  

(Baca: Tagihan Listrik Membengkak, PLN Sebut Tak Ada Kenaikan Tarif)

Executive Vice President Corporate Communication dan CSR PLN I Made Suprateka pada sebelumnya telah sempat menyinggung keluhan masyarakat tersebut. Ia menilai kenaikan listrik adalah wajar selama masa work from home (WFH). Karena kata dia, “biasanya siang hari tidak ada aktivitas, saat ini kita harus bekerja dari rumah. Otomatis penggunaan bertambah, misalnya untuk laptop dan pendingin ruangan.”

Made memastikan pemerintah tak mengubah tarif dasar listrik hingga Juni 2020. Keputusan ini diambil pada 2 Maret lalu untuk mempertahankan daya beli masyarakat di tengah pandemi. Pemerintah justru menggratiskan listrik untuk pelanggan 450 VA dan diskon 50% untuk pelanggan 900 VA.

“Bahkan sejak 2017 tarif listrik ini tidak pernah mengalami kenaikan,” kata Made, Sabtu (2/5).

Selain faktor peningkatan penggunaan selama masa WFH, PLN juga menyebut karena penangguhan pengecekan meteran listrik pascabayar ke lapangan oleh petugas. Penangguhan dilakukan demi memutus mata rantai penyebaran virus corona.

(Baca: Bill Gates Sebut Uji Massal Covid-19 di Asia Lebih Baik Ketimbang AS)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...