Periode WFH Imbas Corona, Trafik Internet Telkom Melonjak 15,6%

Image title
5 Mei 2020, 14:57
trafik internet, telkom, pandemi corona, virus corona
ANTARA FOTO/Olha Mulalinda/foc.
Warga saat menunjukan aplikasi dukungan bekerja dari rumah, Telkomsel CloudX, milik anak usaha Telkom, di Kota Sorong, Papua Barat, Minggu (29/3/2020). Sejak adanya anjuran bekerja, belajar, dan beribadah di rumah, trafik internet Telkom melonjak hingga 15,6%.

PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom mengalami peningkatan trafik penggunaan internet sebesar 15,6% selama periode 15 Maret hingga 1 April 2020. Tercatat, trafik internet Telkom pada periode itu menjadi 9,6 terabits per seconds (Tbps) dari yang sebelumnya 8,3 Tbps.

Kenaikan trafik penggunaan internet itu dipengaruhi oleh mewabahnya virus corona di dalam negeri yang semakin masif. Hal itu memicu anjuran untuk melakukan aktivitas di dalam rumah, baik bekerja, belajar, dan beribadah.

"Ada juga fenomena pergeseran penggunaan data, dari sebelumnya paling padat di daerah perkantoran atau pusat bisnis, menjadi di rumah," kata Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah saat menggelar rapat kerja dengan DPR, Selasa (5/5).

(Baca: Mudik Dilarang, Trafik Internet untuk Video Call Diramal Melonjak)

Ririek menambahkan bahwa peningkatan trafik juga terjadi pada aplikasi-aplikasi yang mendukung belajar jarak jauh (distance learning) seperti Ruang Guru dan Ilmupedia. Trafik juga meningkat pada layanan rapat secara virtual (meeting online) seperti Zoom, Webex, Skype, maupun Telkomsel CloudX.

Karena ada peningkatan trafik penggunaan internet, Telkom telah menambah bandwidth internet sebesar 1,75 Tbps menjadi 10 Tbps. Bahkan, Ririek mengatakan, pihaknya akan menambahkan bandwidth internet hingga akhir tahun menjadi 16,32 Tbps.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...