Kemiskinan di RI Diramal Bertambah 8,5 Juta Orang Imbas Pandemi Corona

Image title
6 Mei 2020, 18:40
tingkat kemiskinan, jumlah penduduk miskin, pertumbuhan ekonomi, pandemi corona, covid 19, virus corona
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Seorang warga melintasi jembatan penghubung semi permanen di kawasan pesisir Muara Baru, Jakarta, Senin (24/2/2020). Jumlah penduduk miskin di Indonesia diperkirakan akan bertambah hingga 8,5 juta jiwa akibat pandemi corona.

Center for Indonesian Policy Studies atau CIPS memperkirakan jumlah penduduk miskin di Indonesia hingga 8,5 juta jiwa tahun ini akibat pandemi corona. Pasalnya, berbagai upaya pembatasan untuk menghentikan penularan virus telah menyebabkan pertumbuhan ekonomi melambat signifikan.

Peneliti CIPS Felippa Ann Amanta menjelaskan bahwa akibat pandemi ini ekonomi Indonesia berpotensi hanya tumbuh 2,1% atau bahkan tumbuh 0%. Menurutnya, ini akan menambah tingkat kemiskinan antara antara 9,7 - 12,4% atau 1,3 - 8,5 juta jiwa.

Advertisement

"Ini karena banyaknya pemutusan hubungan kerja (PHK), karyawan dirumahkan dan sebagainya," kata Felippa pada sebuah acara diskusi daring di Jakarta, Rabu (6/5).

(Baca: Sri Mulyani: Covid-19 Ciptakan Lonjakan Kemiskinan Hanya dalam 2 Bulan)

Untuk mempercepat pemulihan ekonomi pasca Covid-19, menurut dia pemerintah perlu mengintensifkan kinerja perdagangan internasional. Pasalnya, sejarah mencatat, negara-negara yang memperkuat perdagangan internasional memiliki produktivitas dan ketahanan ekonomi yang lebih baik.

Sedangkan negara yang menutup diri dari perdagangan internasional  akan sangat kesulitan untuk bangkit dari krisis ekonomi.

"Sejarah membutikan negara yang membuka perdagangan internasional cenderung memiliki kebijakan ekonomi yang lebih tepat, inovatif, produktivitas dan pendapatannya lebih meningkat," kata Felippa.

Sebelumnya, Center of Reform on Economics (CORE) memperkirakan jumlah pengangguran terbuka pada kuartal II 2020 akan bertambah 4,25 juta orang. Angka tersebut merupakan proyeksi yang dibuat CORE berdasarkan skenario ringan dampak pandemi corona.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement