Prank Sembako Isi Sampah Ferdian Paleka Disorot Media AS dan Inggris

Desy Setyowati
14 Mei 2020, 13:37
Prank Sembako Isi Sampah Ferdian Paleka Disorot Media AS dan Inggris
ANTARA FOTO/Ahmad Fauzan/rai/wsj.
Tersangka kasus candaan bantuan sosial yang berisikan sampah dan batu kepada transpuan, Ferdian Paleka dihadirkan saat gelar perkara di Polrestabes Bandung, Jawa Barat, Jumat (8/5/2020).

Media massa asal Amerika Serikat (AS) MSN dan Inggris, Mirror ikut memberitakan kasus gurauan atau prank sembako sampah yang dibuat YouTuber Ferdian Paleka. Mereka juga menyoroti maraknya konten lelucon di tengah pandemi corona.

Mirror.co.uk memberitakan tentang cara Ferdian memberikan sembako berisi sampah kepada waria saat pandemi virus corona. Artikel berjudul ‘YouTuber arrested after handing out boxes of rubbish disguised as food’ ini tayang pada Senin (11/5) lalu.

Media asal AS, MSN juga memberitakan kasus sembako isi sampah tersebut. Artikel berjudul ‘YouTuber under fire for giving homeless trans women rotten vegetables disguised as relief goods’ ini diunggah pada akhir pekan lalu (10/5).

Selain Ferdian, MSN menyoroti maraknya prank di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya vlogger asal Filipina Zeinab Harake yang mengaku positif virus corona.

(Baca: Ferdian Paleka Dibully, Ini Hak-Hak Tersangka Selama Ditahan)

Kedua media asing tersebut juga membahas tentang istilah ‘bencong’ yang merupakan sebutan bagi transgender di Indonesia. Mereka juga menjelaskan tentang Ferdian Pelaku yang diancam pidana penjara 12 tahun atas perbuatannya.

Sebelumnya, sejumlah korban yang diketahui merupakan waria mendatangi Kantor Satreskrim Polrestabes Bandung pada awal Mei (4/5), dini hari. Mereka melaporkan perbuatan Ferdian.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...