OVO Sebut Tak Dapat Komisi & Bunga dari Penyaluran Dana Kartu Prakerja

Fahmi Ahmad Burhan
15 Mei 2020, 04:30
OVO Sebut Tak Dapat Komisi & Bunga dari Penyaluran Dana Kartu Prakerja
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi OVO

OVO menjadi mitra pemerintah dalam menyalurkan insentif kepada peserta kartu prakerja. Meski begitu, perusahaan teknologi finansial (fintech) pembayaran ini mengaku tidak mendapatkan keuntungan finansial secara langsung dari program bantuan ini.

"Keterlibatan OVO dalam program kartu prakerja sifatnya berkontribusi dan turut menyumbang. Tidak mendapatkan fee (komisi)," kata Presiden Direktur OVO Karaniya Dharmasaputra saat video conference, Kamis (14/5). 

Ia memastikan, tidak ada dana yang mengendap di OVO selama proses penyaluran insentif. OVO juga tak mendapatkan bunga sebelum dana insentif itu didistribusikan.

(Baca: Kartu Prakerja Dikritik, Pemerintah Buka Peluang Tambah Dana Insentif)

"OVO memberikan sumbangan yang sifatnya cuma-cuma," kata Karaniya. Perusahaan bahkan menyediakan enam tenaga engineer untuk penyelenggaraan kartu prakerja.

Selain itu, OVO turut menyosialisasikan program kartu prakerja di media sosial, aplikasi, maupun billboard. (Baca: Hari Ini Peserta Kartu Prakerja Terima Dana Rp 3,55 Juta per Orang)

Karaniya menjelaskan, OVO bergabung menjadi mitra pemerintah karena keterlibatan pembayaran digital dirasa penting dalam program kartu prakerja. Platform digital dirasa bisa memotong berbagai masalah, seperti data yang tidak valid akibat double checking.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...